Kompas TV olahraga sports

Alasan Semua Petenis di Wimbledon Harus Berpakaian Serbaputih, termasuk Sepatu dan Sol

Kompas.tv - 13 Juli 2023, 19:22 WIB
alasan-semua-petenis-di-wimbledon-harus-berpakaian-serbaputih-termasuk-sepatu-dan-sol
Petenis Serbia, Novak Djokovic, mengembalikan bola ke arah petenis Rusia, Andrey Rublev, di hari kesembilan turnamen Wimbledon di London, Inggris, Selasa, 11 Juli 2023. (Sumber: AP Photo/Alberto Pezzali)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Turnamen olahraga tenis tertua di dunia, Wimbledon, memiliki keunikan tersendiri. Semua petenis harus mengikuti aturan berpakaian atau dress code yang telah ditentukan yaitu memakai pakaian serba putih. Mengapa demikian? 

Dilansir laman Ensyclopedia Britannica, dress code serbaputih ini sudah menjadi standar dan ditetapkan sejak era Victoria sekitar 1880-an. 

Tujuan mengenakan pakaian serbaputih di Wimbledon adalah demi kesopanan, lantaran warna putih meminimalkan terlihatnya keringat. Kala itu, noda keringat dianggap sebagai hal yang tidak pantas atau tidak enak untuk dipandang. 

Baca Juga: Update Wimbledon 2023: Langkah Aldila Setjiadi Terhenti di Babak Semifinal

Sejak saat itu, pakaian serbaputih dianggap sebagai standar untuk pemain tenis kalangan atas, yang menggambarkan semua orang yang bermain di turnamen Wimbledon pertama.

Setelah aturan itu ditentukan dalam aturan berpakaian, tradisi Wimbledon itu bertahan hingga sekarang dan tidak dihapus.

Dilansir laman resmi Wimbledon, dress code serbaputih ini juga mencakup hiasan atau ornamen di seragam para peserta Wimbledon.

Meskipun hiasan berwarna non-putih diperbolehkan, hiasan warna tersebut harus berada di leher, manset lengan, atau jahitan luar pada celana, rok, atau celana pendek — dan hanya boleh selebar kurang dari satu sentimeter (10 mm). 

Logo dilarang, begitu juga dengan warna-warna yang terdapat dalam pola jika ukurannya melebihi satu sentimeter. 

Dan kemudian ada aksesori, yang meliputi "topi, pita kepala, bandana, pergelangan tangan, dan kaus kaki" — semuanya harus mematuhi aturan serbaputih yang sama, dengan hanya hiasan berlebar satu sentimeter yang diperbolehkan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x