Kompas TV olahraga sports

Update Wimbledon 2023: Langkah Aldila Setjiadi Terhenti di Babak Semifinal

Kompas.tv - 13 Juli 2023, 06:05 WIB
update-wimbledon-2023-langkah-aldila-setjiadi-terhenti-di-babak-semifinal
Aldila Sutjiadi dan Matwe Middelkoop di Wimbledon 2023. Langkah pasangan Indonesia-Belanda ini harus terhenti di babak semifinal Wimbledon 2023. (Sumber: Instagram)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

LONDON, KOMPAS.TV – Langkah petenis putri Indonesia, Aldila Sutjiadi, akhirnya harus terhenti di babak semifinal Wimbledon 2023. Berpasangan dengan Matwe Middelkoop, Aldila yang turun nomor ganda campuran kalah dari Joran Vliegen/Xu Yifan dengan skor 1-6, 6-3, dan 3-6.

Pasangan itu bermain di Court 19 All England Club, London, Inggris, Rabu (12/7/2023) malam WIB. Di awal pertandingan Aldila/Middelkoop tertinggal 0-1 terlebih dahulu dari lawannya. Namun, kemudian mereka mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Seperti dikutip dari sportstars.id, skor imbang tersebut tak bertahan lama. Vliegen/Yifan melesat dan mencuri lima poin berturut-turut. Set pertama pun berakhir dengan kemenangan Vliegen/Yifan 6-1.

Aldila/Middelkoop sempat mencoba bangkit pada set kedua dengan merebut poin pertama dan unggul 1-0. Laga berlangsung sengit setelah itu dengan skor yang terus berimbang, tetapi Aldila dan pasangannya mampu terus unggul hingga skor 3-2.

Baca Juga: Petenis Indonesia Aldila Sutjiadi Lolos ke Babak Semifinal Nomor Ganda ATX Open

Vliegen/Yifan kembali menyamakan kedudukan menjadi 3-3 dan terus memberikan tekanan untuk menyelesaikan pertandingan dengan cepat. Akan tetapi, setelah itu Aldila/Middelkoop sukses merebut tiga poin berturut-turut dan memaksa diadakannya set ketiga dengan kemenangan 6-3 di set kedua.

Pada set penentuan itu, Aldila/Middelkoop tertinggal 0-1 terlebih dahulu dan kemudian skor terus imbang pada 2-2 dan 3-3. Laga berlangsung sengit dengan kedua pasangan yang bergantian mencuri poin dan melakukan serangan-serangan mematikan.

Namun, pada akhirnya Aldila/Middelkoop harus mengakui keunggulan Vliegen/Yifan yang sukses mengakhiri pertandingan dengan skor 6-3 pada set ketiga. Langkah Aldila di Wimbledon 2023 pun terhenti.

Kekalahan ini membuat Aldila gagal melaju ke babak final sektor ganda campuran turnamen grand slam tertua itu. Kendati demikian, pencapaian yang diraih atlet 28 tahun itu sudah menjadi sejarah bagi dunia tenis Indonesia di Wimbledon.

Baca Juga: Australian Open 2023: Aldila Sutjiadi Lolos ke Babak 16 Besar Nomor Ganda

Petenis putri Indonesia, Aldila Sutjiadi membuat sejarah dengan lolos ke babak semifinal turnamen tenis Grand Slam Wimbledon 2023. 

Sebelumnya dalam laga perempatfinal yang digelar di All England Tennis Club, Wimbledon, Inggris, Selasa (11/7/2023) waktu setempat, Aldila/Middelkoop mengalahkan pasangan Marta Kostyuk (Ukraina)/Marcelo Arevalo (El Salvador) dengan dua set langsung, 7-5, 7-6 (5). 

Aldila merupakan atlet Indonesia pertama yang berhasil lolos ke babak semifinal Wimbledon. Ia memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang Yayuk Basuki. Pada tahun 1997, Yayuk berhasil melaju ke babak perempat final Wimbledon, namun kemudian harus mengakui keunggulan Jana Novotna.



Sumber : starsports


BERITA LAINNYA



Close Ads x