Kompas TV olahraga sepak bola

Klarifikasi Buro Happold soal JIS: Beberapa Aspek Tidak Sesuai Panduan Konsep Desain dari Kami

Kompas.tv - 9 Juli 2023, 19:33 WIB
klarifikasi-buro-happold-soal-jis-beberapa-aspek-tidak-sesuai-panduan-konsep-desain-dari-kami
Stadion JIS (Jakarta International Stadium). (Sumber: KOMPAS/HERU SRI KUMORO)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perusahaan jasa desain, rekayasa dan konsultansi asal Inggris, Buro Happold, memberikan pernyataan klarifikasi seputar polemik pembangunan Jakarta International Stadium atau JIS.

Dalam beberapa pekan belakangan ini, JIS menjadi stadion yang paling disorot usai dicalonkan untuk jadi venue Piala Dunia U17 2023 yang akan digelar di Indonesia.

Akan tetapi, JIS dinilai masih memiliki kekurangan seperti akses jalan dan lahan parkir, sehingga belum layak untuk menggelar pertandingan internasional.

Sejumlah pihak yang terlibat dalam pembangunan JIS pun mendapatkan sorotan, salah satunya Buro Happold. Karena polemik yang terus membesar, perusahaan tersebut lantas memberikan klarifikasinya.

Dalam pernyataan resmi yang diterima Kompas TV, Minggu (9/7/2023), Buro Happold menegaskan mereka tidak diminta dan tidak pernah mendesain JIS.

Perusahaan yang berdiri sejak 1976 itu juga menyatakan sama sekali tidak terlibat dalam pekerjaan konstruksi apa pun di JIS.

"Buro Happold tidak diminta untuk mendesain stadion JIS dan tidak pernah pula mendesain stadion ini. Lebih lanjut, perusahaan juga tidak terlibat dalam pekerjaan konstruksi apapun yang dilakukan kemudian," kata Buro Happold dalam pernyataan tersebut.

Namun, Buro Happold mengaku memang diminta oleh Jakarta Konsultindo (Jakkon) untuk membuat panduan desain (design guidelines) serta memberikan jasa konsultasi mulai Desember 2018 hingga Maret 2019.

Baca Juga: Polemik Renovasi JIS, Erick Thohir: Ini Pembohongan Publik, Kata Pak Anies JIS Milik Indonesia!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x