Kompas TV olahraga sepak bola

Resmi! FIFA Tunjuk Argentina sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023 Gantikan Indonesia

Kompas.tv - 18 April 2023, 06:04 WIB
resmi-fifa-tunjuk-argentina-sebagai-tuan-rumah-piala-dunia-u20-2023-gantikan-indonesia
Trofi Piala Dunia U20 ditampilkan di lapangan jelang laga final antara Ukraina dan Korea Selatan di Lodz, Polandia, Sabtu, 15 Juni 2019. (Sumber: AP Photo/Sergei Grits)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

ZURICH, KOMPAS.TV - FIFA resmi menunjuk Argentina sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 menggantikan posisi Indonesia.

"Biro Dewan FIFA telah mengonfirmasi Argentina sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023," tulis keterangan di laman resmi FIFA, Selasa (18/4/2023).

Seperti diketahui, FIFA mencopot Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 pada akhir Maret silam. 

Dalam keterangan resminya, FIFA tidak menyebut alasan pasti membatalkan Piala Dunia U20 2023 di Indonesia.

Tetapi, penolakan keras terhadap Israel oleh sejumlah tokoh dan partai politik di Indonesia disinyalir menjadi alasan utama FIFA batal menggelar Piala Dunia U20 di Indonesia. 

Baca Juga: FIFA: Argentina Serius Mengajukan Diri Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Dengan cepat, FIFA mencari tuan rumah pengganti dan tetap menggelar Piala Dunia U20 2023 sesuai jadwal awal, yakni 20 Mei-11 Juni 2023 mendatang. 

Pada akhirnya, Argentina menjadi negara yang ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah baru. 

"FIFA dengan senang hati mengumumkan bahwa edisi Piala Dunia FIFA U-20 tahun ini akan berlangsung di Argentina, karena kandang juara dunia membuka pintunya bagi superstar sepakbola dunia masa depan," kata Presiden FIFA Gianni Infantino dikutip dari fifa.com. 


 

"Saya ingin berterima kasih kepada AFA (Federasi Sepakbola Argentina) dan khususnya Presidennya Claudio Tapia, serta otoritas pemerintah, atas komitmen mereka untuk menjadi tuan rumah acara yang luar biasa ini dalam waktu sesingkat itu."

Baca Juga: Masyarakat Menilai Erick Thohir Sudah Berjuang Maksimal untuk Piala Dunia U20

"Piala Dunia U-20 memainkan peran kunci dalam upaya FIFA mempromosikan sepak bola pemuda di seluruh dunia. Sejak 1977, turnamen ini menampilkan beberapa pemain terhebat dalam beberapa dekade terakhir, termasuk Diego Armando Maradona, Lionel Messi, Paul Pogba, Erling Haaland, dan banyak lainnya."

"Memiliki edisi tahun ini yang berlangsung di negara yang hidup dan bernapas dengan sepak bola akan menjadi inspirasi yang luar biasa bagi bintang-bintang masa depan," ujarnya. 

Sementara itu, drawing fase grup Piala Dunia U20 2023 akan digelar di markas FIFA, Zurich, Swiss pada 21 April mendatang. 



Sumber : Kompas TV/FIFA


BERITA LAINNYA



Close Ads x