Kompas TV olahraga sepak bola

FIFA Sanksi Presiden Persikabo 1973 Bimo Wirjasoekarta 2 Tahun Larangan Aktif di Sepak Bola

Kompas.tv - 4 April 2023, 23:16 WIB
fifa-sanksi-presiden-persikabo-1973-bimo-wirjasoekarta-2-tahun-larangan-aktif-di-sepak-bola
Logo FIFA. (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - FIFA menjatuhkan sanksi kepada Presiden Persikabo 1973, Bimo Wirjasoekarta, larangan aktif di sepak bola selama 2 tahun.

Dalam pernyataan resminya, Selasa (4/4/2023) malam, Komite Etik FIFA menyatakan bahwa Bimo bersalah atas tindakan intimidasi, paksaan, ancaman dan eksploitasi terhadap pemain.

Selain itu, FIFA juga menjatuhkan sanksi denda senilai 10.000 Franc Swiss atau sekitar Rp164 juta. 

"Majelis hakim telah melarang Tuan Bimo Wirjasoekarta, Presiden klub Indonesia Tira Persikabo, untuk mengambil bagian dalam semua kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola selama dua tahun (ditangguhkan untuk masa percobaan tiga tahun) setelah menemukan dia bersalah atas tindakan intimidasi, paksaan, ancaman dan eksploitasi terhadap pemain. Majelis hakim juga menjatuhkan denda sebesar CHF 10.000 kepada Tuan Wirjasoekarta," bunyi pernyataan FIFA.

"Secara khusus, majelis hakim merasa yakin bahwa Wirjasoekarta telah melanggar pasal 24 (Perlindungan integritas fisik dan mental), pasal 26 (Penyalahgunaan posisi) dan, secara wajar, pasal 14 (Tugas Umum) Kode Etik FIFA, edisi 2023."

"Ketentuan keputusan diberitahukan kepada Bapak Wirjasoekarta hari ini dan akan ditindaklanjuti dengan pemberitahuan alasan dalam waktu 60 hari ke depan sesuai dengan Kode Etik."

"FIFA memiliki sikap tegas terhadap segala bentuk pelecehan dalam sepak bola dan Komite Etik menangani semua kasus tersebut sejalan dengan Kode Etik, dengan mempertimbangkan kekhususan masing-masing."

"FIFA juga menyediakan sistem whistle-blowing yang rahasia, berdedikasi, sangat aman, dan berbasis web sehingga individu dapat melaporkan masalah pengamanan apa pun," demikian pernyataan tersebut.

FIFA sendiri tidak menyebut kasus apa yang menjadi dasar untuk hukuman yang dijatuhkan kepada Bimo tersebut.

Baca Juga: Ada Peluang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U17, PSSI: Fokus Kita Lepas dari Hukuman FIFA

Namun besar kemungkinan, hukuman tersebut terkait dengan perselisihan antara Persikabo 1973 dengan pemain asal Brasil Alex Goncalves yang terjadi pada Desember 2021.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x