Kompas TV olahraga sapa qatar

Timothy Weah: Anak Presiden Liberia yang Cetak Gol untuk Amerika di Piala Dunia Qatar 2022

Kompas.tv - 22 November 2022, 10:43 WIB
timothy-weah-anak-presiden-liberia-yang-cetak-gol-untuk-amerika-di-piala-dunia-qatar-2022
Timothy Weah saat cetak gol lawan Wales tadi pagi (22/11/2022) (Sumber: Jewel Samad/AFP)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Timothy Weah bukan hanya jadi pencetak gol perdana bagi negaranya di Piala Dunia Qatar 2022 pada laga Amerika Serikat vs Wales yang berakhir 1-1 pada Selasa (22/11/2022) dinihari. Sosoknya disorot lantaran ia adalah anak dari legenda sepak bola dunia. 

Timothy Weah adalah putra dari George Weah, legenda Afrika dan sekarang menjadi Presiden Liberia.

George Weah merupakan salah satu pesepak bola yang banting setir jadi politisi hingga didapuk jadi presiden di negaranya sejak 2018 lalu. 

Dalam sejarah sepak bola, George Weah merupakan satu-satunya pemain dari Afrika yang bergelar pemain Terbaik Dunia pada 1995. Waktu itu, saat berseragam AC Milan.  

Sedangkan sang putra, Timothy Weah, disebut-sebut lebih hebat dari sang ayah. Alasannya, sang bapak yang namanya lebih mentereng justru tidak pernah bermain di Piala Dunia. 

Sedangkan Timothy di umur yang relatif muda, 22 tahun, malah mencetak gol dan bermain di ajang paling bergengsi bagi pesepak bola tersebut. Capaian yang tidak diraih sang bapak yang selama berkarir tak sekali pun mencicipi atmosfer Piala Dunia. 

Baca Juga: Hasil Amerika Serikat vs Wales, Skor 1-1, Gareth Bale Kembali Jadi Penyelamat The Dragons

Lahir dan Besar di Amerika 

Meski berayahkan legenda danseorang Presiden Liberia, Timothy Weah justru lebih punya hubungan erat dengan Amerika Serikat.

Dia sendiri lahir pada 22 Februari 2018 di New York City, New York, Amerika Serikat, dan tumbuh di negeri Pama Sam. 

Timothy Weah juga pertama kali bermain sepak bola di Rosedale SC, sebuah klub kecil di Queens, New York, sebelum memperkuat BW Gottschee dan New York Red Bulls hingga 2014.

Karena itu, tidak heran kalau dia lebih memilih membela tim nasional Amerika Serikat U-17 dibandingkan negara orang tuanya. 

Ia juga pernah tampil di Piala Dunia U-17 bersama Amerika. Dalam piala dunia level junior itu, Weah selalu diturunkan sampai AS ke babak perempat final.

Meski gagal juara, kiprah Timothy Weah mencuri perhatian saat mencetak tiga gol ke gawang Paraguay pada babak 16 besar. Namanya pun disanding-sandingkan dengan sang bapak. 

Kini, ia bermain di Liga Prancis bersama Lille sebelumnya sempat bermain dengan tim kuat Paris Saint Germain (PSG). 

Ia bahkan menjadi andalan utama Amerika Serikat asuhan Gregg Berhalter di Piala Dunia Qatar 2022 ini.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 22-23 November: Ada Argentina vs Arab Saudi dan Prancis vs Australia

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x