Kompas TV olahraga sepak bola

PSSI Janji Mentransformasi Sepak Bola Indonesia: Kami akan Buktikan!

Kompas.tv - 18 Oktober 2022, 21:17 WIB
pssi-janji-mentransformasi-sepak-bola-indonesia-kami-akan-buktikan
Presiden FIFA Gianni Infantino disambut Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto, Selasa (18/10/2022). (Sumber: Antara Photo)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - PSSI berjanji akan mentransformasi sepak bola Indonesia setelah bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino. 

Infantino datang ke Indonesia untuk memenuhi undangan bertemu dengan Presiden Joko Widodo yang ingin melakukan perubahan di sepak bola nasional usai terjadinya Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 133 orang. 

PSSI pun setelah bertemu dengan Presiden FIFA berjanji bakal melakukan transformasi secara total di sepak bola Indonesia. 

"Kami akan melakukan perombakan secara maksimal. Kami akan membuktikan dalam aksi nyata supaya semua bisa melihat bahwa PSSI tidak lagi sama," ucap anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Vivin Cahyani Sungkono usai pertemuan dengan FIFA dikutip dari Antara, Selasa (18/10/2022). 

Vivin menjelaskan, langkah pertama PSSI untuk mengubah wajah sepak bola Indonesia adalah bekerja sama erat dengan Gugus Tugas Transformasi Sepak Bola Indonesia.

Tim gugus tugas itu merupakan tim yang beranggotakan FIFA, AFC, PSSI dan beberapa kementerian yang dibentuk untuk menyusun aturan-aturan baru di sepak bola Indonesia. 

Salah satu hal yang bakal dibenahi PSSI adalah terkait sistem pertandingan di Indonesia. 

Selain itu, PSSI juga mendorong klub-klub di Indonesia agar mendapatkan lisensi profesional dari AFC.

Baca Juga: PSSI Usai Bertemu Presiden FIFA Bahas Kanjuruhan: Transformasi, Bekerja Sama Edukasi Suporter

Menurutnya, jika klub Indonesia mempunyai lisensi profesional, maka klub akan tahu tugas-tugas mereka selayaknya klub profesional. 

"Hal itu supaya masing-masing klub mengetahui apa yg harus dilakukan, misalnya soal jumlah penonton yang masuk ke stadion harus sesuai dengan kapasitas, kemudian steward yang bertugas harus benar-benar dilatih dengan baik," terang Vivin.

Presiden FIFA Gianni Infantino sebelum melakukan pertemuan dengan PSSI juga bersua dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka. 

Dalam pembahasan keduanya, mereka sepakat untuk melakukan transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh.

Selain itu, pemerintah dan FIFA juga bakal mengkaji ulang para pemangku kepentingan sepak bola di Indonesia. 

"Bertemu Presiden FIFA, Gianni Infantino hari ini di istana. Kami berdiskusi tentang berbagai hal penting terkait sepak bola Indonesia, terutama setelah tragedi Stadion Kanjuruhan," kata Jokowi. 

"Pemerintah dan FIFA sepakat untuk melakukan transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh."

"Transformasi tersebut untuk memastikan seluruh aspek pertandingan berjalan sesuai standar keamanan yang ditetapkan FIFA, termasuk jaminan keselamatan pemain dan penonton," ujar Jokowi. 

"Pemerintah bersama FIFA juga akan mengkaji ulang para pemangku kepentingan persepakbolaan Indonesia," imbuhnya.  

Baca Juga: Gianni Infantino kepada Jokowi: Sekarang Presiden adalah Bagian dari Tim FIFA



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x