Kompas TV olahraga kompas sport

Sebastian Vettel Pensiun: Lebih Dari Sekedar Pensiun

Kompas.tv - 30 Juli 2022, 04:25 WIB
sebastian-vettel-pensiun-lebih-dari-sekedar-pensiun
Bintang F1 asal Jerman, Sebastian Vettel. (Sumber: Instagram @astonmartinf1)
Penulis : Christandi Dimas | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bintang balap Sebastian Vettel mengumumkan dirinya pensiun dari balapan Formula 1. Berita keputusan Sebastian Vettel untuk pensiun dari F1 cukup mengejutkan banyak orang.

Juara F1 empat kali itu mengklarifikasi bahwa dia membuat keputusan pensiun tidak dalam satu hari sebelum mengumumkannya.

“Garis waktu (keputusan) membawa kita kembali ke tahun-tahun sebelumnya. Ini bukan keputusan yang saya buat dalam semalam,” ujar Sebastian Vettel yang dilansir Marca, Jumat (29/7/2022).

"Keputusan akhir diambil kemarin dengan memberi tahu tim bahwa saya akan berhenti dan tidak akan melanjutkan, tetapi ada banyak pemikiran yang mengarah ke ini," ungkap Vettel.

Sikapnya selama setahun terakhir, di mana Vettel hampir tidak pernah berbicara tentang Formula 1, tapi malah berfokus pada masalah lingkungan, menunjukkan potensi pensiunnya.

Baca Juga: Usai 6 Tahun Pensiun, Legenda Barcelona Ini Balik ke Camp Nou Jadi Pelatih

Awal tahun 2022 ini Sebastian Vettel disebut telah mengungkapkan pemikiran mendalam saat berbicara dengan program debat BBC Question Time.

“Ada hal-hal tertentu yang berada dalam kendali saya, dan hal-hal tertentu tidak. Sudah jadi gairah saya untuk mengendarai mobil, dan saya menyukainya. Dan setiap kali saya masuk ke dalam mobil, saya menyukainya," kata Vettel.

"(Tetapi) Ketika saya turun dari mobil, tentu saja saya juga berpikir, apakah ini sesuatu yang harus kita lakukan? Keliling dunia, membuang-buang sumber daya?" ungkap Vettel.

Baca Juga: Klub Liga Inggris Umumkan 'Ban' Otomatis Bagi Penyerbu Lapangan dan Bom Asap

Di akun Instagram-nya yang dibuat untuk mengumumkan kepergiannya dari F1 pada akhir tahun 2022, Sebastian Vettel menegaskan bahwa dirinya pensiun karena alasan keluarga.

"Tujuan saya telah bergeser dari memenangkan balapan dan berjuang untuk kejuaraan, menjadi melihat anak-anak saya tumbuh, meneruskan nilai-nilai saya, membantu mereka ketika mereka jatuh, mendengarkan mereka ketika mereka membutuhkan saya, tidak harus mengucapkan selamat tinggal," ujar Vettel.

"Dan yang paling penting, mampu untuk belajar dari mereka dan biarkan mereka menginspirasi saya," pungkas pembalap Formula 1 asal Jerman itu.

Baca Juga: Ikut Uji Coba WWE, Bintang NBA Dwight Howard Mau Pindah Karir?



Sumber : Marca


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x