Kompas TV olahraga kompas sport

Takaaki Nakagami Diduga Bersalah dalam Kecelakaan di MotoGP Catalunya yang Libatkan Bagnaia dan Rins

Kompas.tv - 6 Juni 2022, 18:59 WIB
takaaki-nakagami-diduga-bersalah-dalam-kecelakaan-di-motogp-catalunya-yang-libatkan-bagnaia-dan-rins
Pembalap LCR Honda, Takaaki Nakagami (tengah), terjatuh dari motornya dan menyebabkan kecelakaan besar yang juga melibatkan Francesco Bagnaia (Ducati/kiri) dan Alex Rins (Suzuki Ecstar/kanan) di tikungan pertama pada balapan MotoGP Catalunya. (Sumber: LLUIS GENE/AFP)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pada perhelatan MotoGP Catalunya 2022, Minggu (5/6/2022) kemarin, Takaaki Nakagami mendapat kecaman usai menabrak Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) dan Alex Rins (Suzuki Ecstar) pada balapan itu.

Kecelakaan itu bermula saat Nakagami mencoba melewati tikungan pertama pada lap pembuka.

Namun ia gagal melakukan manuver dan terjatuh dengan posisi kepalanya menabrak ban belakang motor Bagnaia.

Alhasil, Bagnaia yang berada di dekatnya harus terjatuh bersama Nakagami ke area gravel. Motor Nakagami juga menyebabkan Alex Rins terkena masalah.

Motor balap Rins dihantam RC213V milik Nakagami dan terlempar memasuki gravel. Rins mengalami cidera lengan tangan. 

Kecelakaan ini tentu membuat kedua pembalap itu naik pitam serta menuntut Race Direction untuk meninjau ulang insiden yang terjadi.

Baca Juga: Hasil MotoGP Catalunya 2022: Fabio Quartararo Menang, Empat Pembalap Lain Crash

Mereka yakin Nakagami layak mendapatkan penalti karena kecelakaan itu terjadi diduga karena kesengajaan.

Pandangan kedua pembalap lalu juga menjadi perhatian dari pemenang lomba, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Quartararo menyebut kecelakaan Nakagami bukan hal biasa. Pasalnya, Nakagami mengalami kecelakaan yang sangat fatal dan berpotensi kehilangan nyawa.

"Bagi saya jika ingin membuat sanksi penalti kepada seorang pembalap harus segera dilakukan, sebelum terjadi apa-apa," kata Quarararo, dikutip dari Motosan.es.

"Saya tidak mengerti bagaimana bisa dia menyentuh ban belakang Bagnaia dengan kepalanya. Saya tidak bisa menjelaskannya."

"Saya pikir dalam beberapa lap pertama kita harus sadar bahwa kita dengan kecepatan 160 kilo dan mendapat benturan, Anda bisa meninggal."

Sebelumnya diberitakan, Quartararo finis di depan duo Pramac Racing, Jorge Martin dan Johann Zarco, yang menyelesaikan balapan di urutan kedua dan ketiga secara berurutan pada MotoGP Catalunya 2022.

Sementara empat pembalap lainnya, yaitu Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), Enea Bastianini (Gresini Racing), Fabio Di Gianantonio (Gresini Racing), dan Marco Bezzecchi (Mooney VR46) mengalami crash.

Atas torehan ini Fabio Quartararo berhasil mempertahankan puncak klasemen MotoGP 2022 seusai menjadi pemenang MotoGP Catalunya.

Baca Juga: Hasil Moto3 Catalunya 2022: Tren Positif Mario Aji Terhenti



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x