Kompas TV olahraga kompas sport

Chili Ajukan Protes ke FIFA, Ekuador Terancam Gagal Tampil di Piala Dunia 2022 Qatar

Kompas.tv - 6 Mei 2022, 01:05 WIB
chili-ajukan-protes-ke-fifa-ekuador-terancam-gagal-tampil-di-piala-dunia-2022-qatar
Byron Castillo (kanan), dianggap pemain yang tidak memenuhi syarat untuk membela Timnas Ekuador. Ekuador pun terancam gagal tampil di Piala Dunia 2022 Qatar apabila terbukti bersalah dan FIFA menjatuhkan hukuman. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Chili resmi mengajukan protes ke FIFA terkait pelanggaran yang dilakukan Ekuador karena memainkan pemain yang dianggap tidak memenuhi syarat. 

Asosiasi Sepak Bola Chili mengeklaim bahwa Byron Castillo, yang bermain untuk klub Ekuador Barcelona, lahir di Kolombia dan bukan di Ekuador seperti yang tertulis dalam dokumennya. 

Chili juga menuduh bahwa Castillo lahir pada 25 Juli 1995, dan bukan pada 10 November 1998.

Karena "bukti yang tak terhitung banyaknya" dan "informasi dan dokumen" yang ada, Chili mengatakan bahwa hal tersebut harus diselidiki oleh FIFA menjelang Piala Dunia akhir tahun ini.

“Praktik penyimpangan serius dan sadar dalam pendaftaran pemain tidak dapat diterima, terutama ketika kita berbicara tentang kompetisi dunia. Harus ada permainan yang adil di dalam dan di luar lapangan," bunyi pernyataan Asosiasi Sepak Bola Chili dikutip dari The Athletic, Kamis (5/5/2022). 

“Ada banyak bukti bahwa pemain itu lahir di Kolombia, di kota Tumaco, pada 25 Juli 1995, dan bukan pada 10 November 1998, di kota Jenderal Villamil Playas di Ekuador," jelas pernyataan tersebut. 

Baca Juga: Kaos Tangan Tuhan Maradona di Piala Dunia 1986 Ditawar Rp74 Miliar

Ekuador lolos ke Piala Dunia Qatar pada Maret lalu setelah finis di posisi keempat Kualifikasi Piala Dunia Zona CONMEBOL.

Mereka mampu mengungguli tim lain semacam Chili, Kolombia dan Peru.

Sepanjang 2021 dan 2022, Castillo tampil dalam delapan pertandingan kualifikasi Piala Dunia untuk Ekuador.



Sumber : The Athletic


BERITA LAINNYA



Close Ads x