Kompas TV olahraga kompas sport

Portugal vs Makedonia Utara: Mimpi Besar Lavovi ke Piala Dunia 2022

Kompas.tv - 29 Maret 2022, 08:06 WIB
portugal-vs-makedonia-utara-mimpi-besar-lavovi-ke-piala-dunia-2022
Pemain Makedonia Utara merayakan kemenangan, sementara Italia terpekur dengan kekalahannya. Dalam pertandingan yang berlangsung di Palermo, Italia, Jumat (25/3/2022) dini hari, Makedonia memenangkan pertandingan 1-0 dan membuat Italia harus mengubur harapan untuk berlaga di Piala Dunia. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

PORTO, KOMPAS.TV - Mimpi besar Makedonia Utara lolos ke Piala Dunia 2022 hanya menyisakan satu langkah lagi. Tetapi, mereka harus menghadapi tim kuat, timnas Portugal. 

Duel final playpoff Piala Dunia 2022 zona Eropa antara Portugal vs Makedonia Utara rencananya berlangsung di Stadion do Dragao, Porto, Portugal, Rabu (30/3/2022) pukul 01.45 WIB. 

Secara mengejutkan, Makedonia Utara sukses melaju ke final usai mengalahkan kampiun Eropa, Italia di Stadion Renzo Barbera, Palermo, Jumat (25/3/2022) dini hari WIB. 

Baca Juga: Kalah dari Macedonia Utara, Italia Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022

Timnas berjuluk Lavovi atau Sang Singa ini sukses mengungguli Italia dengan skor tipis 1-0 lewat gol tunggal Aleksandar Trajkovski menit ke-90+2. 

Mimpi mereka untuk lolos ke Piala Dunia 2022 akan dihadang oleh Portugal yang diperkuat salah satu pemain terbaik sepanjang masa, Cristiano Ronaldo. 

Portugal sendiri lolos ke final usai menang 3-1 atas Turki. 

Kendati demikian, pelatih Makedonia Utara, Blagoja Milevski ingin membuktikan diri bahwa timnya pantas lolos ke Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar akhir tahun ini. 

Baca Juga: Ambisi Cristiano Ronaldo Bawa Portugal ke Piala Dunia 2022 Qatar

"Kami menang melawan salah satu tim terbaik dunia (Italia). Kami tidak akan berhenti di sini," sebut Milevski, dikutip dari laman resmi UEFA. 

"Kami memiliki satu langkah terakhir untuk mencapai Piala Dunia. Kami sedang dalam perjalanan untuk memastikan mengapa kami berada di antara 20 tim terbaik di Eropa," kata Milevski. 

Menilik sejarahnya, Makedonia Utara baru terdaftar sebagai anggota UEFA dan FIFA pada 1994 menyusul Yugoslavia pecah.

Mereka belum pernah lolos ke Piala Dunia dan bahkan Euro 2020 akan partisipasi perdana Lavovi di turnamen mayor.

Pada gelaran Euro 2020 lalu, Makedonia Utara hanya mentok berlaga di fase penyisihan grup dan selalu menelan kekalahan. 



Sumber : uefa.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x