Kompas TV olahraga kompas sport

Menpora Temui Atlet Esport Indonesia Jelang SEA Games di Vietnam

Kompas.tv - 8 Maret 2022, 00:05 WIB
menpora-temui-atlet-esport-indonesia-jelang-sea-games-di-vietnam
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, pacu semangat para atlet esport yang tengah mengikuti Pelatnas. (Sumber: Kemenpora)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, pacu semangat para atlet esport yang tengah mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas).  

Pelatnas yang berlokasi di Megamendung, Bogor, Jawa Barat, tersebut digelar oleh Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) guna mempersiapkan para atlet untuk meraih prestasi tertinggi di SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

Multievent terbesar di Asia Tenggara itu semula dijadwalkan berlangsung tahun lalu. Namun, karena pandemi virus corona, SEA Games diundur hingga Mei 2022.  

"Harapan seluruh rakyat Indonesia ada di pundak kalian," kata Menpora Zainudin Amali.

"Dengan fasilitas pelatnas yang lengkap, program pelatihan yang komprehensif, dukungan nutrisi, dan para pelatih berkompetensi internasional, Indonesia berharap para atlet yang terpilih dan bertanding di SEA Games 2021 nanti dapat berjuang dengan kemampuan terbaik," kata Zainudin Amali dikutip dari Kompas.com, Senin (7/3/2022).

Menpora Zainudin Amali juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PBESI atas pengelolaan pelatnas yang dinilai sangat bagus.  

Ia berharap, dengan pengelolaan pelatnas yang tidak hanya fokus pada pembinaan teknis tetapi juga nonteknis, pencapaian prestasi atlet esport Indonesia di SEA Games akan optimal.  

Baca Juga: Temui Menpora, PBESI Laporkan Kegiatan Esport Termasuk Pelatnas SEA Games 2021

"Bawalah pulang medali sebanyak-banyaknya dan jadikan Indonesia makin bangga karenanya," kata dia.  

Ketua Harian PBESI Komjen Bambang Sunarwibowo, menyampaikan apresiasi atas dukungan penuh komitmen dari pemerintah dalam mendukung perkembangan ekosistem dan pembinaan prestasi para atlet esport tanah air.  

"PBESI berterima kasih atas dukungan yang senantiasa diberikan pemerintah kepada kami dan seluruh ekosistem esport nasional melalui regulasi, arahan, serta keterlibatan langsung pada program-program pembinaan yang kami selenggarakan," ujar Bambang. 

"Sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab, kami bertekad untuk terus melakukan pengembangan dan pembinaan, tidak saja kepada atlet-atlet yang mengikuti pelatnas, tetapi juga kepada seluruh atlet esport Indonesia melalui dukungan pembinaan ESI daerah yang saat ini sudah ada 514 kabupaten dan kota di Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pelatnas RM Ibnu Riza Pradipto menginformasikan, berkaca pada pengalaman SEA Games sebelumnya, pelatnas esport SEA Games 2021 tak hanya fokus pada peningkatan performa teknis, tetapi juga pada penguatan mental dan fisik. 

"Kekuatan mental, psikologi, dan fisik atlet sangat critical dalam mendukung optimalisasi performa atlet ketika bertanding," katanya.  "Untuk itu, faktor-faktor nonteknis tersebut menjadi bagian yang kami jadikan fokus pada pelatnas ini," tutur Ibnu Riza Pradipto. 

Baca Juga: Dukung Esport dan UMKM, Apa Saja Fasilitas di Shopee Solo Creative & Innovation Hub?

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x