Kompas TV advertorial

Dukung Esport dan UMKM, Apa Saja Fasilitas di Shopee Solo Creative & Innovation Hub?

Kompas.tv - 7 Desember 2021, 05:00 WIB
dukung-esport-dan-umkm-apa-saja-fasilitas-di-shopee-solo-creative-innovation-hub
Shopee Solo Creative & Innovation Hub dan Garena Gaming & Community Hub yang berlokasi di Solo Technopark, Solo, Jawa Tengah. (Sumber: Dok. Shopee)
Penulis : Elva Rini

SURAKARTA, KOMPAS.TV - Shopee resmi menghadirkan Shopee Solo Creative & Innovation Hub yang berlokasi di Solo Technopark, Solo, Jawa Tengah, Senin (6/12/2021).

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengatakan, hadirnya Shopee Solo Creative & Innovation Hub diharapkan dapat memfasilitasi generasi muda dalam berjejaring dan bertukar pikiran, serta menciptakan inovasi yang mendorong pemulihan ekonomi.

“Shopee Solo Creative & Innovation Hub dan Garena Gaming & Community Hub ditujukan untuk memberikan wadah bagi generasi muda di kota Solo dan sekitarnya untuk bisa bertukar pikiran, demi menemukan solusi agar mampu beradaptasi, bangkit, serta berdaya,” kata Handhika.

Handhika menuturkan, Shopee Solo Creative & Innovation Hub seluas delapan hektar ini terbuka untuk umum dan gratis. Di dalamnya terdapat ruang inovasi, kolaborasi, kedai kopi, dan fasilitas lain yang dihadirkan Shopee dan Garena seperti area mabar (main bareng), dan nobar (nonton bareng).

Terdapat juga berbagai fasilitas di Shopee Solo Creative & Innovation Hub, seperti green screen, gaming chair, broadcast room, dan internet untuk menunjang kebutuhan live, serta sesi pelatihan (coaching clinic) bagi yang ingin menjadi Shoutcaster, maupun esports Pro Player.

Baca Juga: Pemprov Jakarta dan E-commerce Resmikan Kampus UMKM Shopee

“Fasilitas yang ada di Shopee Hub, bersifat terbuka dan gratis bagi publik dan juga komunitas-komunitas sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas SDM,” ujar Handhika dalam peresmian, Senin (6/12/2021).

“Kami berharap, keberadaan hub ini mampu berkontribusi untuk menghidupkan Solo Technopark yang inovatif dan berdaya saing internasional. Kolaborasi dan sinergi merupakan kunci pemulihan ekonomi, dan kami berharap hub baru di Solo bisa menjembatani kebutuhan ini,” tambahnya.

Senada dengan Handhika, Direktur Garena Indonesia, Hans Saleh turut menyambut seluruh komunitas gaming, termasuk para pemain gim dan penggiat esports melalui peresmian ini.

“Sebagai bentuk nyata komitmen Garena untuk mengembangkan industri game dan esports Indonesia, kami menghadirkan Garena Gaming & Community Hub. Fasilitas ini diharapkan dapat mendukung kreativitas para generasi muda yang ingin berkarya di dunia gaming,” jelasnya.

Di sisi lain, Menteri Koperasi & UKM Republik Indonesia, Teten Masduki yang hadir dalam acara peresmian menuturkan, Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang nilainya cukup besar, yaitu Rp 640 triliun.

Bahkan di tahun 2025, ujar Teten, potensi ekonomi digital Indonesia diprediksi akan menjadi yang terbesar di ASEAN, yaitu Rp 1.700 triliun.

Baca Juga: Direktur Shopee: Kampus UMKM Mampu Bawa 500 Ribu UMKM Tembus Ekspor!

"Disrupsi membuat kita harus melakukan akselerasi UMKM secara digital agar rakyat Indonesia bisa mengoptimalkan kekuatan ekonomi digital yang nilainya cukup besar. Shopee Solo Creative & Innovation Hub di Solo Technopark ini penting untuk perkembangan perekonomian,” jelasnya.

Sementara itu, menurut Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming, Solo Technopark yang didirikan 2014 lalu merupakan pusat ilmu pengetahuan bagi pemuda-pemudi Kota Solo.

Perkembangan teknologi di era digital saat ini, kata Gibran, mengajarkan pentingnya integrasi yang diharapkan dapat menciptakan inovasi teknologi guna menstimulasi pemulihan ekonomi daerah. Untuk itu, dirinya mengapresiasi langkah Shopee.

“Kami sangat mengapresiasi Shopee dan Garena atas dukungannya dalam menghadirkan Shopee Solo Creative & Innovation Hub di Solo Technopark yang membawa semangat baru untuk pusat inovasi ini. Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga Solo untuk berkolaborasi dan menciptakan inovasi,” tutur Gibran.

Ke depan, Shopee Solo Creative & Innovation Hub dan Garena Gaming & Community Hub akan menjadi rumah bagi berbagai workshop, seminar, dan coaching session bagi UMKM. Untuk gamers, hub juga menghadirkan turnamen, pelatihan, dan berbagai acara hiburan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x