Kompas TV olahraga kompas sport

Akibat Invasi Rusia ke Ukraina, Atlet Dua Negara Ini pun Tak Luput dari Sanksi

Kompas.tv - 2 Maret 2022, 07:14 WIB
akibat-invasi-rusia-ke-ukraina-atlet-dua-negara-ini-pun-tak-luput-dari-sanksi
Atlet ski Rusia Aleksandr Bolshunov, tengah, berjalan dengan atlet Rusia lainnya setelah mereka berlatih di Holmenkollen, dekat Oslo, Selasa 1 Maret 2022. Norwegia menentang keputusan Federasi Ski Internasional untuk mengizinkan Rusia tetap berkompetisi, dan mengatakan akan melarang mereka bertanding di putaran Kejuaraan Dunia yang akan diselenggarakan Norwegia minggu ini. (Sumber: Annika Byrde/NTB scanpix via AP)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Serangan Rusia ke Ukraina ikut memberikan dampak pada atlet-atlet mereka. Banyak cabang olah raga yang memberikan sanksi untuk atlet dari dua negara ini, Rusia dan Belarusia.

Dalam Paralimpiade Musim Dingin di Beijing yang akan diselenggarakan mulai Jumat (5/3/2022) mendatang di Beijing, atlet Rusia dan Belarusia akan berlaga sebagai atlet netral tanpa simbol kenegaraan seperti bendera dan lagu kebangsaan. 

Berikut adalah daftar beberapa sanksi dari berbagai cabang olahraga bagi atlet dua negara tersebut, seperti dikutip dari The Associated Press.

Panahan

Bendera dan lagu kebangsaan Rusia dan Belarusia dilarang di semua acara internasional Panahan Dunia.

Atletik

Atlet dan ofisial Rusia dan Belarusia dilarang mengikuti semua acara Seri Atletik Dunia, termasuk kejuaraan tim jalan cepat dunia di Oman pada akhir pekan ini, kejuaraan dunia atletik dalam ruangan di Serbia yang diadakan bulan ini, dan kejuaraan dunia di Eugene, Oregon, pada bulan Juli mendatang.

Baca Juga: Serangan Rusia di Wilayah Sipil Makin Meningkat, Menara TV dan Alun-alun Kota Jadi Target

Bulu Tangkis

Atlet dan ofisial Rusia dan Belarusia dilarang berpartisipasi di semua turnamen Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mulai 8 Maret nanti. Selain itu semua acara BWF di Rusia dan Belarusia dibatalkan.

Namun, beberapa pebulu tangkis Rusia pada dua acara Para di Spanyol minggu ini dan pekan depan masih diizinkan bermain, karena mereka sudah berada di lokasi.

Namun mereka dianggap sebagai pemain netral tanpa bendera atau lagu kebangsaan.

Sepak Bola

FIFA dan UEFA menangguhkan tim nasional dan klub asal Rusia dari semua kompetisi. Tim nasional putra dilarang mengikuti babak playoff kualifikasi Piala Dunia Qatar bulan ini.

Final Liga Champions yang rencananya diselenggarakan bulan Mei dipindahkan juga dari St Petersburg ke Paris, Prancis.

Klub Spartak Moscow pun dilarang tampil di babak 16 besar Liga Europa. Selain itu UEFA membatalkan sponsor dari perusahaan energi Rusia 'Gazprom' yang meliputi Liga Champions, kompetisi tim nasional UEFA, dan Kejuaraan Eropa 2024.

Bola Basket

Tim dan ofisial Rusia diskors dari semua kompetisi oleh Federasi Bola Basket Internasional.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x