Kompas TV olahraga kompas sport

Barcelona vs Espanyol: Debut Pelatih Xavi Melawan Musuh Favoritnya

Kompas.tv - 20 November 2021, 23:01 WIB
barcelona-vs-espanyol-debut-pelatih-xavi-melawan-musuh-favoritnya
Pelatih Barcelona Xavi Hernandez. (Sumber: Twitter @AlsaddSC)

BARCELONA, KOMPAS.TV - Xavi Hernandez akan menjalani debut kepelatihan di La Liga Spanyol dalam laga Barcelona vs Espanyol, Minggu (21/11/2021) pukul 03.00 WIB. Partai bertajuk Derbi Barceloni atau Derbi Katalunya ini dijadwalkan di Stadion Camp Nou.

Xavi akan menorehkan debut sebagai pelatih kepala klub yang dibelanya sejak muda. Pelatih berusia 41 tahun ini baru didatangkan dari Al-Sadd pada 5 November lalu.

Sang pelatih bertugas mengangkat performa dan martabat Barcelona yang terjerumus di era Ronald Koeman. Jelang partai debut Xavi, Blaugrana berada di peringkat sembilan La Liga.

Tiga poin pun wajib didapat anak asuh Xavi Hernandez dalam partai Barcelona vs Espanyol. 

Baca Juga: Barcelona dan Madrid Bakal Jajal JIS, Ini Harapan Anies Baswedan

Partai kontra Espanyol sendiri punya arti khusus bagi Xavi sebagai individu. Selama menjadi jenderal lapangan tengah Blaugrana, ia cenderung tampil apik dalam Derbi Katalunya.

Bahkan, Espanyol dapat dikategorikan sebagai “musuh favorit” Xavi. Pasalnya, Xavi mencetak gol terbanyak sebagai pemain ke gawang Espanyol.

Menghadapi Periquitos, melansir data Transfermarkt, Xavi telah menyarangkan enam gol dari 36 pertandingan. Ia juga menorehkan total sembilan asis dalam laga kontra Espanyol.

Jumlah keterlibatan gol langsung Xavi (15) dalam partai kontra Espanyol menjadi yang terbanyak selama kariernya sebagai pemain.

Keterlibatan gol langsung Xavi (15) dalam partai Barcelona vs Espanyol hanya disamai rekornya ke gawang Real Madrid. Dalam partai El Clasico, Xavi total mencetak lima gol dan 10 asis dari 42 pertandingan.

Kenangan manis kontra Espanyol tentu dapat menjadi motivasi tersendiri bagi Xavi jelang melakoni debut kepelatihan.

Jelang Barcelona vs Espanyol, Xavi pun mengakui pertandingan ini memiliki gengsi tersendiri. Namun, ia mengaku Frenkie de Jong dan kawan-kawan tak akan terbawa emosi dan tetap profesional.

“Akan ada tensi, ketegangan, tetapi saya yakin dengan para pemain. Saya sangat senang dengan apa yang saya lihat dalam latihan, begitu penuh intensitas dan kecepatan. Saya melihat bahwa tim ini memiliki sikap besar dan saya menyukainya,” kata Xavi dikutip laman resmi Barcelona.

Barcelona dan Espanyol sendiri hanya terpaut dua poin di klasemen sementara La Liga. Namun, Blaugrana memiliki tabungan satu laga lebih banyak.

Baca Juga: Perkuat Skuad Barcelona, Xavi Berencana Boyong Trio Chelsea


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x