Kompas TV olahraga kompas sport

Barcelona dan Madrid Bakal Jajal JIS, Ini Harapan Anies Baswedan

Kompas.tv - 18 November 2021, 22:52 WIB
barcelona-dan-madrid-bakal-jajal-jis-ini-harapan-anies-baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap kedatangan Barcelona, Real Madrid dan Atletico Madrid di Jakarta International Stadium (JIS) pada turnamen IYC 2021 akan menjadi pesan bahwa situasi pandemi di Indonesia sudah terkendali. (Sumber: YouTube Pemprov DKI Jakarta)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap, kedatangan Barcelona dan Real Madrid dalam pembukaan Jakarta International Stadium (JIS) bisa mengirimkan pesan bahwa kepada dunia bahwa pandemi di Indonesia telah terkendali. 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Bali berkolaborasi meluncurkan turnamen sepak bola bergengsi yakni International Youth Championship (IYC) 2021 pada Desember mendatang.

Dalam turnamen IYC 2021 tersebut, tiga tim raksasa asal Spanyol, Barcelona, Real Madrid dan Atletico Madrid dijadwalkan akan ikut serta untuk saling berkompetisi dengan tim Indonesia Selection U-20. 

Bali dan Jakarta yang merupakan gerbang utama Indonesia bagi masyarakat dunia dipilih menjadi tuan rumah dengan tujuan mengirimkan pesan bahwa situasi pandemi di tanah air sudah terkendali. 

“Harapannya event ini nanti bukan sekedar sepak bola tapi sebuah kesempatan mengirimkan pesan kepada dunia bahwa Indonesia aman, terkendali kondisi pandeminya,” kata Anies Baswedan dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/11/2021). 

“Kita berharap teman-teman dunia internasional yang hadir, mereka akan menjadi duta untuk menyampaikan kepada dunia internasional bahwa situasi di Jakarta dan Bali itu baik, terkendali, dan welcome back to Bali dan Jakarta,” ujar Anies.

Baca Juga: Ditanya Wartawan soal Penyelenggaraan Formula E, Gubernur Anies Hanya Jawab "Nice Try!"

Hal senada juga diucapkan Gubernur Bali I Wayan Koster yang mempunyai harapan ajang IYC menjadi momentum kebangkitan pariwisata di Pulau Dewata. Apalagi dalam dua tahun terakhir, pariwisata di Bali terpuruk akibat hantaman pandemi Covid-19.

Dengan kehadiran Barcelona, Real Madrid dan Atletico Madrid yang merupakan tim-tim terkenal dunia, masyarakat internasional bisa melihat bahwa Indonesia, khususnya Bali dan Jakarta aman untuk dikunjungi. 

“Itu akan menjadi momentum bangkitnya pariwisata Bali setelah hampir dua tahun tidak bisa aktif karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia, menghentikan aktivitas pariwisata secara total,” tuturnya. 

Turnamen IYC 2021 akan dimulai pada 4-8 Desember 2021 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali sebagai tuan rumah babak penyisihan grup. 

Empat tim yakni Barcelona U18, Real Madrid U18, Atletico Madrid U18 dan Indonesia Selection U20 akan saling berjibaku di penyisihan grup sebelum tampil di laga final di Jakarta International Stadium (JIS) pada 11 Desember 2021.

Jakarta International Stadium (JIS). (Sumber: Antara Photo)

Final di JIS tersebut juga sekaligus menjadi ajang untuk pembukaan awal stadion pertama di Indonesia yang telah menggunakan teknologi atap buka tutup.

Meski pada 11 Desember 2021 mendatang pembangunan JIS diperkirakan baru mencapai 85 persen, fasilitas utama dan penunjang wajib di JIS sudah siap untuk dijajal oleh tiga klub asal Spanyol dan tim dari Indonesia.

Baca Juga: BTS Bakal Konser di Jakarta International Stadium Tahun 2022, Wagub DKI: Masih dalam Penjajakan

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x