Kompas TV nasional kompas bisnis

Fantastis! Segini Biaya Penyelenggaraan Oscar 2020

Kompas.tv - 11 Februari 2020, 13:15 WIB
Penulis : Edika ipelona

CALIFORNIA, KOMPAS.TV - Sejarah baru terukir di ajang Academy Award tahun ini. Parasite menjadi film Asia pertama yang meraih empat Piala Oscar.

Dua Piala Oscar di antaranya diraih film Parasite untuk dua kategori bergengsi, yakni sutradara terbaik dan film terbaik.

Dolby Theatre di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu (10/9/2020) malam langsung bergemuruh saat aktris senior Hollywood, Jane Fonda membacakan pemenang kategori film terbaik di ajang Academy Award 2020. 

Di luar dugaan, film bergenre komedi thriller karya sutradara Bong Joon Ho yang bercerita soal kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin ini sekaligus menjadi satu-satunya film Korea Selatan, bahkan Asia yang berhasil mendapat penghargaan tertinggi Piala Oscar 2020.

Parasite menyisihkan delapan film lainnya yang masuk dalam nominasi film terbaik, antara lain Ford Vs Ferrari, The Irishman, Jojo Rabbit, Joker, Little Woman, Marriage Story, 1917, dan Once Upon a Time In Hollywood. 

Selain memboyong Piala Oscar untuk penghargaan film terbaik dan sutradara terbaik, Parasite juga menguasai tiga kategori film lainnya, yakni film Internasional terbaik, serta skenario dan naskah asli terbaik.

Sedangkan untuk kategori bergengsi lainnya seperti aktor terbaik diraih Joaquin Phoenix, pemeran Joker di film Joker dan Renee Zellweger yang memerankan seorang aktris, penyanyi, dan penari Judy Garland dalam film Judy. 

Sedangkan film berlatar belakang perang dunia pertama berjudul 1917 menyabet kategori sinematogrfi terbaik efek visual terbaik dan tata suara terbaik.

Aktor kawakan Brad Pitt juga memboyong satu piala Oscar tahun ini dalam kategori aktor pendukung terbaik.

Lantas berapa kah harga yang harus dibayar untuk memproduksi sebuah film? Dan berapa dana harus keluar untuk menyelenggarakan Oscar? 

Simak walldata di Kompas Bisnis berikut bersama Pascalis Iswari.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x