Kompas TV nasional berita kompas tv

Ini Penyakit Pascabanjir, Gejala dan Pencegahannya

Kompas.tv - 4 Januari 2020, 17:39 WIB
ini-penyakit-pascabanjir-gejala-dan-pencegahannya
Banjir yang menggenangi daerah Cipinang Melayu, Makassar, Jakarta Timur mulai surut pada Kamis 2 Jan 2019. (Sumber: RINDI NURIS VELAROSDELA KOMPAS.COM)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bencana Banjir yang melanda Jabodetabek tidak hanya menimbulkan kerugian materil dan korban jiwa. Ancaman penyakit pascabanjir membayangi para pengungsi.

Penyakit yang timbul pascabanjir seperti flu, demam, diare, tifoid, Ispa hingga Leptospirosis dapat dicegah dengan cara mudah. 

Seperti mengenakan masker saat membersihkan rumah pasca banjir, mencuci tangan dengan sabun hingga menghindari anak untuk bermain air banjir.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI) dr Moh. Adib Khumaidi menjelaskan sejumlah penyakit pascabanjir. Diantaranya;


Diare 

Diare dapat disebabkan dari konsumsi makanan dan minuman serta kebersihan yang kurang higienis terutama selama banjir. 

Saat banjir berlangsung banyak tumpukan sampah dan kotoran bercampur ke dalam rumah dan menempel di tubuh. Para pengungsi korban banjir juga bisa terkena diare. Faktor pendorongnya yakni, kondisi cuaca yang tidak stabil, sanitasi tempat pengungsian yang buruk dan sulitnya mendapat air bersih.

Ingat, jangan anggap enteng diare sebab, saat diare tubuh kekurangan cairan yang mengakibatkan semua organ akan mengalami gangguan bahkan bisa membahayakan jiwa. Untuk anak-anak diare akan semakin berbahaya.

Gejala umum diare yakni perut mulas, tinja encer atau berdara serta mengalami pusing, lemas, dan kulit kering akibat dehidrasi. Penderita diare disarankan untuk meminum cairan elektrolit, guna mengganti cairan tubuh yang hilang. Untuk pengobatan dapat mengkonsumsi obat anti diare atau tetaskan beberapa kali cuka apel sebelum meminum air mineral.

 

Asam Lambung dan Migren 

Korban banjir yang tidak mengonsumsi makanan sesuai gizi dan tidak makan tepat waktu dapat mengalami asam lambung dan migren. Penderita asam lambung dan migren umumnya banyak dialami oleh korban banjir usia produktif dan lansia.

Gejalanya penyakit asam lambung yakni merasakan seperti terbakar di dada. Ada juga penderita yang mengeluh mulut terasa asam ganguan pencernaan, mual hingga sesak napas. Sementara gejala migren kepala terasa berdenyut pada satu sisi saja. Untuk obat asam lambung dan migren mudah didapat di apotek serta toko swalayan.

 

Infeksi kulit 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x