Kompas TV nasional sapa indonesia

Miris! Taman Junghuhn, Cagar Alam Jawa Barat yang Terbengkalai

Kompas.tv - 15 Oktober 2019, 16:30 WIB

Cagar Alam Junghuhn yang berlokasi di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat terbengkalai dan kondisinya semakin memprihatinkan. Semakin hari luas Cagar Alam Junghuhn juga semakin terkikis. Dari semula luasnya mencapai 2,5 hektar, sekarang hanya tinggal 750 meter persegi sesuai surat keputusan SK Dirjen Kementerian Kehutanan terhitung tanggal 23 Januari 2019.

Bahkan tugu cagar alam yang dibangun tahun 1890 tampak kusam serta terlihat coretan-coretan jejak vandalisme. Bahkan sebagian lahan dari cagar alam ini dipenuhi sampah.

Kondisi Cagar Alam Junghuhn yang tak terawat membuat sebagian warga dan pengunjung merasa prihatin. Warga berharap ada perhatian pemerintah akan kelestarian cagar alam ini.

Cagar Alam Junghuhn dibangun sebagai bentuk penghargaan terhadap ilmuwan botanikus, geolog dan ahli bumi asal Belanda, Franz Wilhem Junghuhn. Ia berhasil mengolah bibit kina sebagai bahan pembuat obat malaria. Berkat ia pula Indonesia pernah dinobatkan sebagai penghasil kina terbesar di dunia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Hukum

KPK Geledah Kantor Setjen DPR

30 April 2024, 15:34 WIB

Close Ads x