Kompas TV nasional peristiwa

Riset Monash University: Pada Masa Mudik Lebaran 2024 Emosi Bahagia Paling Banyak Diekspresikan di X

Kompas.tv - 7 April 2024, 17:18 WIB
riset-monash-university-pada-masa-mudik-lebaran-2024-emosi-bahagia-paling-banyak-diekspresikan-di-x
Ilustrasi mudik. Mayoritas pengguna media sosial X, mengekspresikan emosi bahagia di cuitannya terkait masa mudik di minggu ini. (Sumber: Freepik)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mayoritas pengguna media sosial (medsos) X mengekspresikan emosi bahagia di cuitannya pada masa mudik di pekan ini.

Hal tersebut berdasarkan riset Monash Data & Democracy Research Hub, Monash University Indonesia terkait analisis pantauan percakapan mudik 2024.

Codirector Data & Democracy Research Hub Associate, Professor Derry Wijaya menyebut, sejatinya sebagian besar pengguna media sosial X merasa senang dan juga sedih pada masa mudik di minggu ini.

Namun, dari hasil analisisnya, tim peneliti menemukan emosi paling banyak diekspresikan adalah emosi bahagia.

"Dalam pantauan percakapan mudik tim Monash University Indonesia, emosi yang paling banyak diekspresikan ternyata adalah emosi bahagia, yang dinyatakan dalam 52,6% atau 20.106 cuitan," ujar Derry dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/4/2024).

Dari hasil analisisnya, mayoritas kalangan masyarakat pengguna X merasa senang dan suka dengan inisiatif dan kebijakan yang dilaksanakan oleh kepolisian serta pemerintah, seperti strategi penghindaran kemacetan dan diskon tarif tol hingga 20% selama periode perjalanan mudik dan kepulangan.

Kemudian, keamanan jalur mudik 2024 yang terjamin juga mendapatkan pujian. 

Posko-posko yang menyediakan tempat peristirahatan untuk para pemudik tidak hanya mendapatkan apresiasi namun juga dianggap berkontribusi pada peningkatan ekonomi desa selama musim mudik.

“Sementara itu, ada juga cuitan perasaan cinta dan kesenangan terhadap tradisi mudik yang begitu kental terasa di kalangan masyarakat Indonesia, terutama mereka yang berangkat lebih awal untuk berkumpul dengan keluarga," jealasya.

"Beberapa cuitan juga menunjukkan bahwa masyarakat bahagia karena dapat memajukan tanggal mudik menjadi 4 April 2024," tuturnya.

Selain senang/bahagia, ekspresi emosi yang mengikuti adalah sedih sebanyak 11.970 cuitan (30,3%), takut (3.267 atau 8,55%), marah (2.444 atau 6,4%), dan cinta (423 atau 1,11%).

Menurut penjelasannya, pada cuitan yang mengekspresikan perasaan takut, marah, dan khawatir, ternyata masyarakat cemas puncak arus mudik yang diperkirakan berlangsung dua hari sebelum lebaran.

Ditambah dengan proyeksi peningkatan jumlah pemudik dibandingkan tahun sebelumnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x