Kompas TV nasional peristiwa

Soal Teror pada Guru Besar UGM, KSP: Jangan Diframing Seolah-olah Dilakukan Pihak yang Dikritik

Kompas.tv - 20 Maret 2024, 05:30 WIB
soal-teror-pada-guru-besar-ugm-ksp-jangan-diframing-seolah-olah-dilakukan-pihak-yang-dikritik
Tenaga Ahli Utama KSP Joanes Joko dalam dialog Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Selasa (19/3/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Joanes Joko berharap teror yang dialami Guru Besar Psikologi UGM, Prof Koentjoro Soeparno jangan diframing seolah-olah dilakukan oleh pihak yang dikritik.

Pernyataan Joanes Joko tersebut disampaikan dalam dialog Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Selasa (19/3/2024), menanggapi adanya teror yang diterima Koentjoro setelah membacakan petisi UGM Menggugat.

“Tetapi yang ingin kami tegaskan, apa pun yang dialami oleh Prof Koentjoro, bagi kami itu harus kita lihat jangan diframing seolah-olah itu dilakukan oleh kelompok atau pihak yang dikritik oleh Prof Koentjoro,” harapnya.

Menurutnya KSP berkomitmen bahwa kebebasan berpendapat termasuk kritik harus dikawal dan dilindungi.

Baca Juga: Guru Besar Psikologi UGM Mendapat Teror Melalui Media Sosial hingga Didatangi ke Kantor: Dicaci Maki

“Sekali lagi, komitmen kami Kantor Staf Presiden, komitmen kami, pimpinan kami, Jenderal Moeldoko itu jelas sekali, bahwa apa pun yang terkait dengan kebebasan berpendapat, kritik, masukan, itu harus betul-betul dikawal dan dilindungi.”

Dalam dialog itu, Joko juga menyebut yang harus disepakati adalah dirinya dan Koentjoro berpendapat bahwa esensi dari demokrasi adalah kebebasan berpendapat.

“Yang pasti kita sepakat dululah, saya sama Prof Koentjoro ini kalau urusan demokrasi kita sepakat dulu bahwa esensi demokrasi adalah kebeasan berpendapat, berekspresi sehingga segala bentuk pendapat, masukan, kritik itu harus betul-betul kita jaga sejauh itu bukan cacian, makian, fitnah, kebencian, dan kebohongan.”

“Maka dalam konteks yang disampaikan oleh  Prof Koentjoro dan teman-teman guru besar, baik di UI ataupun di UGM harus kita lihat ini sebagai sebuah vitamin bagi demokrai kita, vitamin bagi kemajuan bangsa kita,” tambahnya.

Joko juga mengatakan, saat berada memberikan pendapat di ruang publik, tanggapan pro dan kontra pasti akan ada.

Hal seperti itu, kata dia bukan hanya dialami oleh Koentjoro, melainkan dirinya pun mengalami.

“Tentu ketika kita masuk ke ruang publik dan memberikan pendapat, bukan hanya Prof Koentjoro, Prof, saya pun juga ketika saya mauk ke ruang publik itu pasti menimbulkan pro dan kontra, ada yang mendukung ada yang tidak mendukung,” bebernya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x