Kompas TV nasional humaniora

Nadiem Konfirmasi Pembukaan 419.146 Formasi Guru PPPK 2024

Kompas.tv - 14 Maret 2024, 12:52 WIB
nadiem-konfirmasi-pembukaan-419-146-formasi-guru-pppk-2024
Ilustrasi pembukaan PPPK 2024. (Sumber: kominfo.go.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah resmi membuka 419.146 formasi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim menyatakan komitmen kuat lembaganya dalam mendorong pemenuhan kebutuhan guru ASN PPPK di sekolah negeri.

Baca Juga: Aturan yang Akan Masuk di PP Manajemen ASN: Cuti Ayah hingga Tunjangan dan Karier Bertugas di 3T

Hal ini merupakan bagian dari upaya kontinu dalam mencapai target 1 juta guru PPPK, sejalan dengan gerakan Merdeka Belajar yang digagasnya.

"Dalam upaya mewujudkan cita-cita gerakan Merdeka Belajar, kami melanjutkan pemenuhan kebutuhan guru ASN di sekolah negeri melalui Seleksi Guru PPPK. Adapun kuota yang dipenuhi tahun ini sebanyak 419.146 guru PPPK, sehingga insyallah target 1 juta guru terpenuhi," kata Nadiem dikutip dari keterangan resminya, Kamis (14/3/2024).

Baca Juga: KPK Panggil Sekda Bandung Ema Sumarna Terkait Kasus Korupsi CCTV Bandung Smart City

Hingga tahun 2023, Kemendikbud Ristek telah berhasil meluluskan 774.999 guru PPPK.

Upaya ini menandai kemajuan signifikan dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan dan peningkatan kualitas pengajaran di sekolah negeri di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Sandiaga Bicara Arah Politik PPP: Tak Ada Tawaran Menteri

Seleksi Guru ASN PPPK 2024 diharapkan akan terus meningkatkan jumlah guru yang berkualitas dalam sistem pendidikan nasional.

Kuota sebanyak 419.146 guru PPPK yang dipenuhi tahun ini diharapkan dapat mempercepat pencapaian target tersebut.

Baca Juga: Sekolah Terendam Banjir Siswa Terpaksa Diliburkan

Selain formasi guru, Kemendikbud Ristek juga membuka usulan formasi PPPK untuk Tenaga Administrasi Sekolah dan Pengawas Sekolah, dengan total 18.729 formasi Pengawas Sekolah Jenjang Ahli Muda yang dapat dipenuhi melalui ASN PPPK.

"Terselenggaranya Seleksi Guru ASN PPPK tentu melibatkan gotong royong dan kolaborasi yang erat antara Kemendikbudristek dengan KemenPANRB, BKN, LAN, serta kementerian/lembaga terkait lainnya," tuturnya.

Baca Juga: Cara Cek Penerima PIP SiPintar lewat HP Maret 2024 Online di pip.kemdikbud.go.id



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x