Kompas TV nasional peristiwa

Kemarin, Jelang Ramadan Ganjar Nyekar Makam Orangtua, Lanjut Makan Siang Bareng Mahfud

Kompas.tv - 12 Maret 2024, 07:05 WIB
kemarin-jelang-ramadan-ganjar-nyekar-makam-orangtua-lanjut-makan-siang-bareng-mahfud
Capres dan Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD saat makan siang bersama di kediaman Seniman Butet Kartaredjasa Butet, Senin (11/3/2024) (Sumber: KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo melakukan tradisi yang biasa dilakukan masyarakat sebelum masuk masuk bulan puasa 1 Ramadan 1445 Hijriah. 

Bersama sang istri Atikoh Siti Atikoh Suprianti, Ganjar nyekar atau ziarah makam orangtua di Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah. 

Momen ziarah makam orangtua diunggah Ganjar di akun Instagram pribadinya, Minggu (10/3/2024). 

Setelah ziarah makam orangtua, Ganjar langsung berangkat ke makam mertua dan kakek di Pondok Pesantren Sukawarah Roudlotus Sholichin Sholichat di Desa Kalijaran, Kecamatan Karanganyar, Purbalingga, Jawa Tengah. 

Pondok Pesantren tersebut didirikan KH Hisyam Abdul Karim, kakek mertua Ganjar. Di pondok pesantren itu ibu dan ayah Atikoh dimakamkan. 

Baca Juga: Berkunjung ke Rumah Butet Bareng Ganjar, Mahfud: Hayo Siapa yang Bilang Jarang Ketemu

"Setelah nyekar bapak ibu di Purworejo, langsung geser ke makam bapak ibu dan Mbah Hisyam Kalijaran Purbalingga. Alhamdulillah juga ketemu santri-santri yang akan ngaji posonan di Ponpes Roudlotul Sholichin Sholichat Kalijaran. Semoga seluruh proses yang dijalani membawa berkah manfaat fiddunya wal akhirat," tulis Ganjar dalam keterangan video yang diunggah di akun Instagram pribadinya.

Selain mengunggah video ziarah makam, Ganjar juga membagikan momen makan siang bersama pendampingnya, Mahfud MD. 

Kedua pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3 itu diundang makan siang bersama di rumah seniman Butet Kartaredjasa di di Dusun Kembaran, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (11/3). 

Mahfud tiba lebih dulu. Tak berselang lama Ganjar yang datang sendiri tanpa didampingi istur tiba dan disambut Butet. 

"Makan siang di rumah mas Butet itu selalu istimewa. Apalagi ada Prof Mahfud dan teman-teman lama saya yang menemani. Makan sambil kangen-kangenan," tulis Ganjar untuk keterangan video yang diunggah. 

Baca Juga: Ganjar Tegaskan akan Tempuh Jalur Hukum Jika Hasil Suara Tak Sesuai Data

Dalam video tersebut Ganjar menyampaikan selamat berpuasa bagi yang sudah menjalankannya kemarin, Senin (11/3) dan yang baru menjalankan pada hari ini, Selasa (12/3). 

"Mohon maaf bagi teman-teman yang sudah berpuasa hari ini (Senin, 11/3/2023). Saya besok (Selasa, 12/3/2024) ikut pemerintah," ujar Ganjar.

"Selamat berpuasa bagi yang sudah berpuasa. Yang puasanya besok juga selamat, yang Nyepi selamat saya doakan sehat," ujar Ganjar di akir video. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x