Kompas TV nasional politik

Jokowi Sering Ajak AHY Kunjungan Kerja, Pengamat: Bentuk Bulan Madu Politik

Kompas.tv - 3 Maret 2024, 09:47 WIB
jokowi-sering-ajak-ahy-kunjungan-kerja-pengamat-bentuk-bulan-madu-politik
AHY Lari pagi di IKN, Ia mengaku kerasan dan udaranya sangat sejuk saat pagi hari. (Sumber: Instagram)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Seringnya Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi mengajak Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam kunjungan ke berbagai daerah merupakan bentuk bulan madu politik.

Penilaian itu disampaikan oleh pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah sekaligus Direktur Eksekutif Parameter Indonesia, Adi Prayitno, Sabtu (2/3/2024).

“Saya kira ada dua hal terkait dengan seringnya Jokowi mengajak AHY dalam sejumlah kunjungan kerja ke berbagai daerah,” kata dia, dikutip dari laporan jurnalis KompasTV Thifal Soles dan M Djamzari.

“Pertama, ini adalah bentuk dari bulan madu politik antara Jokowi dan AHY yang kita tahu bersama sepanjang 9 tahun lamanya AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat cukup lantang dan cukup keras mengkritik Jokowi,” tambah Adi Prayitno.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Jokowi Rileks dan Sering Ketawa Lepas saat Bermalam di IKN

Namun, lanjut dia, sejak Jokowi menunjuk AHY menjadu menteri yang notabene pembantu presiden, maka kebersamaan sudah mulai terjalin antara keduanya.

“Jadi tidak mengherankan kalau kemudian keduanya ini sangat terlihat intim hangat dan cukup mesra di berbagai event-event politik strategis, salah satunya adalah ketika kunjungan kerja di mana Jokowi sering mengajak AHY di dalamnya.”

“Jadi pesan politiknya adalah ini adalah bulan madu antara Jokowi dan AHY yang saya kira dalam waktu seminggu dua minggu ini keduanya saling berkongsi satu sama yang lain setelah sepanjang 9 tahun lamanya keduanya saling berkonfrontasi dan saling berhadap-hadapan,” bebernya.

Tapi, lanjut Adi Prayitno, yang menarik menurut dirinya, publik menduga-duga jangan-jangan kunker bersama AHY tersebut sebagai salah satu bentuk penegasan bahwa AHY dan Partai Demokrat bisa mengendalikan dan mengorkestrasi kepentingan politiknya.

Sebab, kata dia, ketika Prabowo dan SBY beberapa kali melakukan pertemuan misalnya, hal itu dinilai sebagai upaya Prabowo sedang mencari keseimbangan politik.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x