Kompas TV nasional peristiwa

Kemenhub Gelar Angkutan Mudik Gratis Lebaran 2024 Sepeda Motor dengan Bus, Kereta Api hingga Kapal

Kompas.tv - 29 Februari 2024, 15:01 WIB
kemenhub-gelar-angkutan-mudik-gratis-lebaran-2024-sepeda-motor-dengan-bus-kereta-api-hingga-kapal
Ilustrasi. Kemenhub gelar Angkutan Mudik Gratis 2024 (Sumber: Kementerian BUMN)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menyelenggarakan program Angkutan Mudik Gratis pada Lebaran tahun 2024 menggunakan bus, kereta api, kapal laut, hingga truk.

Kemenhub mengatakan, program mudik gratis Lebaran 2024 tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

“Kami mengajak masyarakat bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan,” ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Adita mengimbau masyarakat agar tidak mudik menggunakan sepeda motor mengingat potensi bahaya kecelakaannya sangat tinggi.

Baca Juga: Program Mudik Gratis DKI Jakarta 2024, Tampung 27 Ribu Penumpang ke 19 Kota

Ia berharap masyarakat dapat menggunakan transportasi umum atau memanfaatkan program mudik gratis.

“Kami tidak bosan-bosannya juga mengimbau masyarakat agar seyogyanya tidak melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor karena berpotensi tinggi terjadi kecelakaan. Kami berharap masyarakat mudik menggunakan angkutan umum atau memanfaatkan program mudik gratis ini,” sebut Adita.

Program Mudik Gratis tersedia melalui jalur darat, laut, serta kereta api, yang digelar di beberapa titik simpul transportasi.

Adapun program mudik gratis Kemenhub 2024 yang dibuka ada tiga jenis yaitu “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk”, “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kereta Api”, dan “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut”.

Baca Juga: PELNI Buka Pemesanan Tiket Mudik Kapal Laut pada H-40 Lebaran 2024

Jadwal Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk 2024



Sumber : dephub.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x