Kompas TV nasional peristiwa

Tahun Ini, Mudik Lewat Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Bisa Keluar di Ngawen Klaten

Kompas.tv - 29 Februari 2024, 13:18 WIB
tahun-ini-mudik-lewat-tol-solo-yogyakarta-nyia-bisa-keluar-di-ngawen-klaten
Masyarakat yang akan mudik ke Solo, Yogyakarta, dan sekitarnya, pada Lebaran 2024, bisa melewati Jalan Tol Solo-Yogyakarta-New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulonprogo. (Sumber: Kementerian PUPR)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masyarakat yang akan mudik ke Solo, Yogyakarta, dan sekitarnya, pada Lebaran 2024, bisa melewati Jalan Tol Solo-Yogyakarta-New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulonprogo.

Panjang jalan tol tersebut yang akan difungsikan pada arus mudik Lebaran tahun ini, bertambah dibanding saat libur Natal dan Tahun Baru 2023. 

“Untuk fungsionalisasi pada arus mudik Lebaran, kami rencanakan minimal (para pemudik) dari Solo sudah bisa exit di Kecamatan Ngawen, Klaten. Panjang jalur fungsional sekitar 22 km atau bertambah 9 km dari panjang jalan tol fungsional pada Nataru kemarin," ungkap Pimpinan Proyek PT. Jasamarga Jogja Solo Muhammad Ahdal Masruhin, seperti dilansir laman resmi Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Rabu (28/2/2024).

"Karena diprediksi arus lalu lintas yang akan melewati Solo dan Yogyakarta lebih besar dibanding pada saat Nataru kemarin,” tambahnya. 

Ia menjelaskan, arus lalu lintas yang akan diberlakukan di Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprog adalah satu arah dengan menggunakan satu jalur. 

Sementara untuk jenis kendaraan yang boleh melewati tol fungsional ini masih sama seperti sebelumnya, yakni dibatasi hanya golongan 1 berupa kendaraan roda 4 non-bus dan non-truk.

Baca Juga: Menteri Basuki akan Lanjutkan Pembangunan Tol Dalam Kota Bandung yang Mangkrak 17 Tahun

“Nanti akan diberlakukan satu arah, yakni pada masa mudik dari Solo ke arah Jogja dan saat arus balik dari Jogja ke Solo. Jam diberlakukannya jalur fungsional ini adalah dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore," ujar Ahdal. 

"Kemarin sempat ada permintaan khusus dari Korlantas (Korps Lalu Lintas) terkait opsi untuk dibuka 24 jam tapi hanya di interchange Kartasura saja, namun masih akan dibahas lebih lanjut saat rapat persiapan Lebaran nanti,” lanjutnya.  

Untuk diketahui, para pemudik dapat memasuki tol fungsional ini melalui beberapa akses. 

Pada periode arus mudik, apabila pemudik datang dari jalur Tol Trans Jawa, dapat langsung melanjutkan perjalanan ke jalur fungsional ini melalui Gerbang Tol Colomadu dan langsung ke atas menuju ke exit tol Karanganom atau exit tol Klaten.

Sedangkan untuk pemudik dari jalan arteri (non tol) yaitu yang akan masuk dari sekitaran Solo dan Boyolali, pengendara bisa masuk melalui Gerbang Tol Banyudono. 

Baca Juga: Tarif Tol Jakarta-Cikampek dan MBZ Naik, Berikut Rincian Besarannya



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x