Kompas TV nasional politik

Nama AHY Masuk Kabinet Indonesia Maju Gantikan Posisi Hadi Tjahjanto, Ini Kata Istana

Kompas.tv - 20 Februari 2024, 19:20 WIB
nama-ahy-masuk-kabinet-indonesia-maju-gantikan-posisi-hadi-tjahjanto-ini-kata-istana
Foto arsip. Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi bersepeda dan sarapan bareng dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Minggu (28/1/2024). Nama AHY disebut-sebut bakal dilantik menjadi Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala BPN (ATR/BPN) pada Rabu (21/2) besok bersama Hadi Tjahjanto yang dilantik menjadi Menkopolhukam. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi diagendakan melakukan pelantikan dan pengangkatan menteri baru di Kabinet Indonesia Maju. 

Agendanya pelantikan dan pengangkatan menteri dilaksanakan di Istana Negara, Rabu (21/2/2024) besok. Dalam Pasaran Jawa atau tanggalan Jawa, Rabu besok jatuh pada 11 Pon Ruwah 1957. 

Menteri yang diganti dan diangkat yakni di posisi Menkopolhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN. 

Ada dua nama yang masuk daftar perombakan menteri atau reshuffle di Kabinet Indonesia Maju. Yakni Hadi Tjahjanto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Hadi Tjahjanto yang juga mantan Panglima TNI ini dikabarkan akan menduduki posisi Menkopolhukam. Jabatan yang ditinggalkan Mahfud MD itu saat ini dipegang oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian merangkap Plt Menkopolhukam. 

Baca Juga: Kata Jokowi soal Isu Reshuffle Menteri dan AHY Masuk Kabinet

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membenarkan akan ada pelantikan dan pengangkatan menteri pada Rabu (21/2) besok. 

Dua posisi menteri yang akan dilantik dan diangkat besok, dari Kemenkopolhukam dan Kementerian ATR/BPN. 

Terkait dua nama tersebut,  Ari Dwipayana tidak bisa memberi konfirmasi lebih jauh. 

Ia memilih untuk melihatnya langsung siapa yang akan ditunjuk Presiden Jokowi saat pelantikan dan pengangkatan menteri Rabu besok.

Selain itu, akan ada pengucapan sumpah atau janji anggota Komisi Kejaksaan dihadapan Presiden yang juga diselenggarakan di Istana Negara di hari yang sama. 

Baca Juga: Anggota Komisi II DPR: Saya Dapat Info AHY Bakal Jadi Menteri ATR/BPN



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x