Kompas TV nasional rumah pemilu

Pendistribusian Logistik Pemilu ke Pedalaman Riau Terkendala Jalan Rusak dan Berlumpur

Kompas.tv - 13 Februari 2024, 15:17 WIB
pendistribusian-logistik-pemilu-ke-pedalaman-riau-terkendala-jalan-rusak-dan-berlumpur
Pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke pedalaman Riau, tepatnya ke Desa Cipang Kiri Hulu, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), terkendala jalan rusak dan berlumpur, Senin (12/2/2024) malam. (Sumber: Polres Rokan Hulu via Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

PEKANBARU, KOMPAS.TV – Pendistribusian logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke pedalaman Riau, tepatnya ke Desa Cipang Kiri Hulu, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), terkendala jalan rusak dan berlumpur.

Truk pengangkut logistik pemilu bahkan sempat terperosok sehingga tak bisa bergerak di lokasi itu pada Senin (12/2/2024) malam dengan penerangan seadanya.

"Ya, personel dari Polsek Rokan IV Koto bersama TNI mengawal pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke Desa Cipang Kiri Hulu. Malam ini masih dalam perjalanan ke lokasi," ujar Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin malam.

Menurut Budi, para petugas berangkat dari kantor PPK Rokan IV Koto sejak pagi pukul 10.00 WIB.

Baca Juga: KPU Bali Musnahkan Ribuan Surat Suara Pemilihan Presiden-Wakil Presiden dan DPRD Provinsi

Jarak tempuh dari kantor PPK Rokan IV Koto menuju Desa Cipang Kiri Hulu sebenarnya hanya sekitar 45 kilometer, dengan perkiraan waktu perjalanan dalam kondisi normal kurang lebih dua jam.

Namun, petugas kesulitan menuju daerah pedalaman tersebut karena akses jalan yang dilalui dalam kondisi rusak dan berlumpur.

"Akses jalan ke Desa Cipang Kiri Hulu rusak parah. Makanya sampai malam ini petugas belum sampai ke lokasi," ujar Budi.

Para petugas yang tak ingin terlalu lama di jalan, kemudian memikul logistik yang mereka bawa sambil mencari bantuan mobil lain. 

Baca Juga: Opsi Pencoblosan Ditunda Akibat Banjir Hebat di Demak, Apa Efek yang Bisa Terjadi?

Petugas akhirnya dibantu mobil milik perusahaan di sekitar lokasi. Seluruh logistik langsung dipindahkan.

"Ada bantuan mobil dari pihak PT SRS. Kemudian logistik Pemilu dipindahkan petugas ke mobil lain dan turut dibantu warga setempat," kata Budi.

Daftar logistik yang diangkut ke Desa Cipang Kiri Hulu tersebut di antaranya berupa 40 kotak suara dan 27 buku panduan KPPS.


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x