Kompas TV nasional rumah pemilu

Kasih Tips Pilih Pemimpin, Ganjar Kutip Saran Jokowi: Jangan yang Korupsi, Melanggar HAM, Otoriter

Kompas.tv - 4 Februari 2024, 22:49 WIB
kasih-tips-pilih-pemimpin-ganjar-kutip-saran-jokowi-jangan-yang-korupsi-melanggar-ham-otoriter
Capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menyampaikan pernyataan penutup pada debat terakhir capres di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024) malam. (Sumber: Tangkapan layar KompasTV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam debat terakhir Capres hari ini, Minggu (4/2/2024) malam, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo singgung omongan Joko Widodo atau Jokowi saat Pilpres 2019 silam.

Saat itu, kutip Ganjar, Jokowi sempat mengatakan bahwa Indonesia tidak boleh memilih pemimpin yang punya rekam jejak pelanggar Hak Asasi Manusia (HAM) dan korupsi.

"Lima tahun yang lalu dalam debat Capres 2019, saya tim kampanye Joko Widodo, beliau menyampaikan dan kita diingatkan untuk tidak memilih calon Presiden yang diktator dan otoriter, dan yang punya jejak melanggar HAM, yang punya rekam jejak untuk melakukan kekerasan, yang punya rekam jejak masalah korupsi," kata Ganjar dalam sesi penutupan debat Capres kelima 2024, Minggu (4/2).

"Saya sangat setuju dengan apa yang beliau (Jokowi) sampaikan, agar kriteria ini menjadi pegangan kita semua dalam memilih pemimpin," tegas dia, dikutip dari tayangan Live KompasTV. 

Dalam debat terakhir capres, Ganjar Pranowo juga tidak setuju dengan usulan Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto untuk memberikan makan gratis demi mencegah kasus stunting

Menurutnya, strategi itu keliru dan terlambat lantaran pencegahan stunting seharusnya dilakukan sebelum ibu hamil.

Ganjar menyampaikan agar Prabowo tidak keliru dalam membedakan stunting dan gizi buruk.

Baca Juga: Prabowo Tanya soal Program Makan Gratis untuk Cegah Stunting, Ganjar Tidak Setuju karena Terlambat

"Harus juga cek rutin saat hamil, agar dia bisa ketahuan, ibunya sehat, anaknya sehat, pertumbuhannya dilihat, kalau bapak ngasih gizi sama ibu hamil baru saya setuju," beber Ganjar.

"Jadi jangan sampai confuse antara stunting dan gizi buruk, jangan sampai nanti terjadi obesitas, mengatasi stunting sejak ibu hamil, bahkan dari anak-anak kita mau menikah, periksa kesehatan, calon perempuan, calon laki-lakinya juga harus siap."

"Baru hamil, periksa rutin, periksa gizi, insya allah akan melahirkan bayi-bayi yang sehat kuat," lanjut Ganjar dalam debat terakhir capres.  

Singgung soal larangan Butet Kartaredjasa bicara politik



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x