Kompas TV nasional peristiwa

JK Bongkar IKN Tak Pernah Ada Dialog dan Penelitian: Kalau Alasannya di Tengah, Harusnya di Majene

Kompas.tv - 25 Januari 2024, 20:53 WIB
jk-bongkar-ikn-tak-pernah-ada-dialog-dan-penelitian-kalau-alasannya-di-tengah-harusnya-di-majene
Wakil Presiden RI Ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) menyebut KTT G20 Bali akan dilematis dan ribet karena banyak negara sedang berkonflik. (Sumber: kompas.com/kristianto purnomo)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla, mengaku sama sekali tidak pernah dilibatkan dalam upaya pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke ibu kota negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Sebab, kata pria yang akrab disapa JK itu, sewaktu menjabat wakil presiden mendampingi Joko Widodo atau Jokowi di periode pertamanya, dirinya tak pernah diajak diskusi atau dialog soal pemindahan ibu kota negara.

"Enggak tahu. Tiba-tiba saja (ibu kota) pindah. Tidak ada kesempatan untuk buat dialog atau diskusi, enggak ada," kata JK dalam program Gaspol! Kompas.com yang dikutip pada Kamis (25/1/2024).

Baca Juga: JK Mengaku Dapat Intimidasi Usai Nyatakan Dukung Anies-Muhaimin: Orang Saya Ada yang Dipenjarakan

Karena itu, JK pada saat itu sempat meminta penjelasan dari sejumlah menteri mengenai alasan memindahkan ibu kota negara.

JK mengaku hanya dirinyalah yang bertanya tentang urgensi memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan.

Menjawab pertanyaannya, menteri-menteri di kabinet saat itu mengatakan bahwa alasan pindah ibu kota karena mencari titik tengah Indonesia yang dinilai berada di Kalimantan Timur, yaitu Penajam Paser Utara.

"Saya tanya ke Sri Mulyani (Menteri Keuangan), katanya, 'Kan bapak juga hadir'. Iya ingat. Saya tanya, apa alasannya pindah?” ucap JK.

“Dia bilang supaya di tengah. Saya bilang kalau mau di tengah Indonesia ya Sulawesi, di Majene. Kalau mau di tengah, ya.”

Baca Juga: JK soal Pembelian Alutsista Bekas Era Prabowo: Pesawat Usia 25 Tahun Harga Rp1 Triliun Pantas Nggak?

Lebih lanjut, politikus senior Partai Golkar itu heran karena sepengetahuannya negara-negara yang memindahkan ibu kotanya rata-rata memilih daerah yang lebih sejuk.

Namun, Indonesia justru sebaliknya, pemerintah malah memindahkan ibu kota negara ke daerah yang lebih panas cuacanya.

Sambil berkelakar, JK mengatakan yang membuat cuaca panas di IKN Nusantara karena berada di garis khatulistiwa, ditambah lagi dengan banyaknya tambang batubara di wilayah tersebut.

"Kenapa panas? Karena di atasnya khatulistiwa, di bawahnya batubara," ujar JK sembari tertawa.

Di lain sisi, JK mengungkapkan, sepengetahuannya pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan juga tidak berdasarkan proses penelitian dengan matang di awal.

"Saya waktu itu memang masih di pemerintahan. Tidak pernah ada studi, yang kita tahu. Tidak ada studi yang lengkap dengan penelitian, di mana pindahnya,” tutur JK.

Baca Juga: Ketika Presiden Boleh Kampanye hingga Penilaian JK Sebut Jokowi yang Terlena Kekuasaan

“Mestinya kan butuh penelitian bagaimana airnya. Tidak ada (penelitian). Malah belakangan. jadi Masyaallah.”


 



Sumber : Kompas.com, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x