Kompas TV nasional politik

Ketika Presiden Boleh Kampanye hingga Penilaian JK Sebut Jokowi yang Terlena Kekuasaan

Kompas.tv - 24 Januari 2024, 22:00 WIB
ketika-presiden-boleh-kampanye-hingga-penilaian-jk-sebut-jokowi-yang-terlena-kekuasaan
Presiden Joko Widodo saat sedang sesi wawancara didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla di kediaman Kalla, Jalan Haji Bau Nomor 16, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (21/12/2018). Jusuf Kalla menyebut Jokowi saat ini berubah karena terlena dengan kekuasaan. (Sumber: Istimewa via kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan setiap orang punya hak dalam politik, termasuk Kepala Negara hingga menteri. 

Presiden Jokowi menjelaskan selain sebagai pejabat publik, dirinya merupakan pejabat politik yang juga punya hak berpolitik.

Oleh karena itu, Jokowi berpandangan presiden dan menteri boleh berpolitik. Presiden juga boleh memihak kepada calon tertentu dalam kontestasi pesta demokrasi dan berkampanye. 

Namun dalam menjalankan kegiatan politik, presiden maupun menteri tidak boleh menggunakan fasilitas negara. 

"Presiden itu boleh loh kampanye. Presiden itu boleh loh memihak. Boleh. Tapi yang paling penting waktu kampanye tidak boleh menggunakan fasilitas negara," ujar Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2024).

Baca Juga: JK Sebut Jokowi Berubah karena Terlena Kekuasaan, Bandingkan Pemilu dengan Era Orba: 2024 Terburuk

Pemerintah Harus Adil 

Sementara itu, dalam sebuah wawancara Gaspol! Kompas.com, Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla menilai Pemilu 2024 merupakan proses demokrasi yang terburuk, bahkan jauh lebih buruk dari era Orde Baru.

Menurut JK, sapaan Jusuf Kalla, di era Orde Baru pemerintah membuat sistem agar Pemilu bisa diarahkan. Semisal mengerucutkan partai menjadi tiga, agar pilihan masyarakat terbatas. 

"Tapi tidak ada diancam, nanti dituntut, dipenjarakan, tidak boleh ke sini. Bahwa ada mengarahkan ada juga tetapi tidak seperti sekarang masif dari atas ke bawah. Ini kelihatan demokratis calonnya ada tapi diintimidasi lah di apalah, dilaksanakan tidak adil. Berpihak luar biasa," ujar JK dikutip dari Kompas.com, Rabu (24/1). 

JK menilai hal tersebut perlu dihilangkan. Sebab jika pemimpin dihasilkan dari proses yang jelek, proses pemaksaan, intimidasi, proses curang, tidak menutup kemungkinan menghasilkan pemimpin jelek pula.

Baca Juga: Pengamat Respons Pernyataan Jokowi soal Presiden Boleh Kampanye dan Memihak

JK yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) ini menjelaskan pemerintah harus adil melayani semua pihak. Dengan sistem itu sudah dibuat selama Indonesia merdeka. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x