Kompas TV nasional rumah pemilu

Agendakan Dorong Transisi Menuju Energi Hijau, Gibran: Memang Tidak Murah

Kompas.tv - 21 Januari 2024, 20:36 WIB
agendakan-dorong-transisi-menuju-energi-hijau-gibran-memang-tidak-murah
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menyampaikan visi dan misi dalam debat cawapres kedua di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam. (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) RI nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengagendakan untuk mendorong transisi menuju energi hijau.

Hal itu disampaikan cawapres RI nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 atau debat kedua cawapres, Minggu (21/1/2024), di Jakarta Convention Center.

Gibran menjawab pertanyaan panelis tentang kebijakan dalam pembangunan rendah karbon.

“Jika kita bicara masalah karbon, tentu kita harus menyinggung juga pajak karbon, carbon storage, dan juga carbon capture,” jelasnya.

“Agenda ke depan tentu kita harus mendorong transisi menuju energi hijau, tidak boleh ketergantungan pada energi fosil,” tambahnya.

Baca Juga: Debat Cawapres, Cak Imin: Food Estate Harus Dihentikan karena Abaikan Petani hingga Rusak Lingkungan

Pihaknya, kata dia, akan terus mendorong energi hijau berbasis bahan baku nabati, yang saat ini sudah dibuktikan dengan adanya biodiesel B35 dan B40.

“Sekarang sudah terbukti dengan adanya B35 dan B40, sudah mampu menurunkan nilai impor minyak dan meningkatkan nilai tambah produksi sawit dalam negeri dan ramah lingkungan."

“Sekali lagi, tantangannya adalah mencari titik keseimbangan atau titik tengah. Kita ingin menggenjot hilirisasi industri, tapi juga wajib menjaga lingkungan,” tambahnya.

Dalam pelaksanaannya, lanjut Gibran, tentu Analisis Mengenai Dampak Lingkungan atau Amdal menjadi sebuah kewajiban.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x