Kompas TV nasional hukum

Dewas KPK: Tim Penyidik Cari Harun Masiku hingga ke Filipina, tapi Belum Ketemu

Kompas.tv - 16 Januari 2024, 10:03 WIB
dewas-kpk-tim-penyidik-cari-harun-masiku-hingga-ke-filipina-tapi-belum-ketemu
Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean. (Sumber: ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) mengatakan KPK telah memperluas pencarian Harun Masiku hingga ke Filipina. Namun sampai saat ini, pencarian yang dilakukan tim penyidik KPK belum membuahkan hasil.

Demikian diungkapkan Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean di Jakarta, Senin (15/1/2024).

“Mengenai Harun Masiku, Dewan Pengawas di dalam rapat koordinasi pengawasan beberapa kali telah menanyakan kepada pimpinan tentang update kemajuan-kemajuan penangkapan terhadap Harun Masiku,” kata Tumpak.

“Semua (pencarian) dilaporkan kepada Dewas. Mereka juga ada yang berangkat ke Filipina untuk mencari Harun Masiku tapi sampai sekarang juga memang belum ketemu.”

Baca Juga: PDI-P Terima Pengunduran Diri Maruarar Sirait yang Ngaku Ikuti Langkah Jokowi

Tumpak menegaskan pengawasan terhadap proses pencarian Harun selalu ditanyakan setiap rapat antara Dewas dan pimpinan KPK.

Sebab, menurut dia, penangkapan Harun Masiku adalah utang penegakan hukum atas pemberantasan korupsi yang harus diselesaikan.

“Jadi kami juga mendorong setiap rapat koordinasi pengawasan, kami selalu tanyakan,” jelas Tumpak, dikutip dari Antara.

Untuk diketahui, Harun Masiku ditetapkan KPK sebagai tersangka dalam perkara dugaan pemberian hadiah atau janji kepada penyelenggara negara terkait penetapan calon anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Baca Juga: TKN Prabowo Gibran: Relawan Pindah Rasional, Bicara 1 Putaran dengan Kandidat Lain Mustahil

Dalam rekam jejak kasusnya, Harun selalu mangkir dari panggilan penyidik KPK hingga dimasukkan dalam daftar pencarian orang (DPO) pada 17 Januari 2020.

Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango menegaskan, pencarian dan penangkapan Harun Masiku adalah salah satu prioritas KPK di bawah kepemimpinannya.

Hal itu disampaikan Nawawi usai mengucapkan sumpah jabatan sebagai ketua sementara KPK di hadapan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin, 27 November 2023.

Dia mengatakan, saat KPK melakukan rekrutmen terhadap anggota baru Deputi Penindakan dan Eksekusi, pimpinan KPK sudah menanyakan hal yang bisa dilakukan kedeputian penindakan dengan sejumlah kasus yang ditangani KPK.

"Satu hal yang saya sampaikan pada dia (Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Rudi Setiawan), upaya penangkapan terhadap DPO Harun Masiku," kata Nawawi.

Dia mengatakan Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK berkomitmen untuk mencari Harun dan meminta pembaruan surat tugas pencarian dan penangkapan.


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x