Kompas TV nasional humaniora

Kemenag Imbau Calon Jemaah Haji Segera Cek Kesehatan untuk Syarat Pelunasan Bipih

Kompas.tv - 13 Januari 2024, 19:05 WIB
kemenag-imbau-calon-jemaah-haji-segera-cek-kesehatan-untuk-syarat-pelunasan-bipih
Ilustrasi. Petugas PPIH Embarkasi Aceh mendorong kursi roda seorang calon haji menuju ke Aula Jeddah Asrama Haji Embarkasi Aceh, Banda Aceh, Senin (29/5/2023). (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama mengimbau calon jemaah haji 2024 untuk segera melakukan cek kesehatan, guna keperluan pelunasan ibadah haji. Sebagai informasi, pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1445 H/2024 M mensyaratkan adanya istithaah kesehatan.

Istithaah adalah kemampuan melaksanakan ibadah haji secara fisik, mental dan perbekalan. 

Hal ini sebagaimana diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 83 Tahun 2024 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pembayaran Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji Reguler Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi.

“Tahun ini, memenuhi syarat Istithaah Kesehatan menjadi salah satu persyaratan bagi jemaah yang masuk alokasi kuota keberangkatan untuk melunasi Bipih,” kata Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie dalam keterangan tertulisnya, dikutip dari laman resmi Kemenag, Sabtu (13/1/2024).

Baca Juga: Ini Besaran Biaya Haji 2024 per Daerah Keberangkatan, Pelunasan Tahap Pertama 10 Januari-12 Februari

Pelunasan Bipih 1445 tahap pertama dibuka dari 10 Januari – 12 Februari 2024. Tahap pertama ini diperuntukkan bagi: 

a) jemaah haji masuk alokasi kuota keberangkatan pada musim haji tahun berjalan; 

b) prioritas jemaah haji reguler lanjut usia; dan 

c) jemaah haji reguler cadangan.

“Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah sudah menerbitkan daftar jemaah yang masuk alokasi kuota tahun ini. Pada hari pertama, ada 147 jemaah yang melakukan pelunasan, terdiri atas 138 jemaah yang masuk alokasi kuota dan prioritas lansia, serta 9 jemaah dengan status cadangan,” terangnya. 

Baca Juga: Jemaah Haji Solo dan Surabaya Akan Dapat Jalur Cepat, Tak Perlu Lewati Imigrasi di Arab Saudi

“Saya mengimbau jemaah untuk segera melakukan pelunasan. Untuk itu, perlu segera melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Sebab, istithaah kesehatan haji mulai tahun ini menjadi syarat pelunasan,” tambahnya. 

Ia menjelaskan, jemaah yang sudah melakukan pemeriksaan dan memenuhi syarat istithaah kesehatan dapat melakukan pelunasan Bipih.

Berikut Mekanisme Pelunasan Ibadah Haji Reguler: 

1) Jemaah haji melakukan pembayaran Bipih pada Bank Penerima Setoran (BPS) Bipih yang sama dengan setoran awal atau BPS Bipih pengganti;

2) Pembayaran Bipih jemaah haji adalah sebesar besaran Bipih per embarkasi dikurangi setoran awal Bipih dan virtual account dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH);



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x