Kompas TV nasional rumah pemilu

Andre Rosiade Singgung Malin Kundang, Jubir Timnas AMIN: dalam Politik, Kedewasaan Itu Penting

Kompas.tv - 10 Januari 2024, 20:18 WIB
andre-rosiade-singgung-malin-kundang-jubir-timnas-amin-dalam-politik-kedewasaan-itu-penting
M Iqbal juru bicara Timnas Anies-Muhaimin dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Rabu (10/1/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – M Iqbal selaku juru bicara Tim Nasional (Timnas) Calon Presiden-Wakil Presiden (Capres-Cawapres) RI nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menilai kedewasaan penting untuk menjadi negarawan.

Pernyataan itu disampaikan dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Rabu (10/1/2024) menanggapi pernyataan Andre Rosiade, jubir Tim Kampanye Nasional (TKN) Capres-Cawapres RI nomor urut 2  Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dalam dialog tersebut, sebelumnya Andre menyebut bahwa Anies manyampaikan hal bohong dalam debat ketiga pilpres, dan menyebutnya seperti Malin Kundang.

“Memang Andre ini cocok banget, persis seperti Pak Prabowo. Emosional, egois, arogan, nggak ngasih orang ngomong,” kata Iqbal.

Baca Juga: Respons Umpatan Prabowo, Muhaimin: Biar Rakyat yang Menilai

“Anda harus belajar jadi negarawan. Orang kalau negarawan itu habis debat sudah, selesai, salaman, cipika-cipiki, karena memang nggak sesuai dengan tagline-nya, menuduh orang pengkhianat,” lanjutnya.

Iqbal kemudian menjelaskan pentingnya kenegarawanan dalam berpoltik, termasuk di dalamnya kedewasaan.

“Memang dalam politik, memang kenegarawanan itu penting, kedewasaan.”

“Kalau takut dengan ombak, jangan berumah di tepi pantai. Kalau takut dengan debat, jangan ikut maju sebagai calon, karena dalam politik itu memang harus ada yang namanya uji kapabilitas, uji kinerja, uji pengalaman,” bebernya.

Menurut Iqbal, pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan Anies dalam debat merupakan sesuatu yang wajar karena Prabowo telah menjabat sebagai Menteri Pertahanan selama empat tahun.

“Wajar saja orang mempertanyakan, karena dia Menteri Pertahanan incumbent (petahana, red), bukan calon yang akan melakukan sesuatu, dia sudah bekerja hampir lima tahun,” tuturnya.

“Jadi kami melihat bahwa tidak ada yang rahasia. Pak Prabowo sampai sekarang tidak membantah kalau ada kroninya yang ada di dalam PT-PT yang disebutkan, tidak dibantah, berarti iya dong.”

Seharusnya, lanjut Iqbal, jika memang pernyataan Anies tersebut salah, Prabowo membantahnya, tetapi hal itu tidak dilakukan oleh Prabowo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x