Kompas TV nasional peristiwa

Kenang Rizal Ramli, Didik Rachbini: Selamanya Oposisi Kritis

Kompas.tv - 3 Januari 2024, 14:45 WIB
kenang-rizal-ramli-didik-rachbini-selamanya-oposisi-kritis
Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli saat berjalan untuk mendaftarkan gugatan ke bagian penerimaan perkara konstitusi di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (4/9/2020). Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Didik J. Rachbini mengenang sosok Rizal Ramli yang wafat Selasa (2/1/2023). (Sumber: Antara)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Didik J. Rachbini mengenang sosok mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli yang wafat pada Selasa (2/1/2024) malam.

Ia pun teringat saat suatu pagi ketika Rizal Ramli masih menjabat Menteri Koordinator Perekonomian menelponnya untuk memberi apresiasi dan respek terhadap muatan ide di dalam tulisannya di harian Kompas tentang utang Luar Negeri.

"Dulu jaman Orde Baru, kita tergantung kepada Utang Luar negeri sehingga ada sisi kurang berdaulat dan ada nuansa didekte dalam kebijakan ekonomi.  Saya sudah tidak ingat keseluruhan ide dari tulisan tersebut karena hari-hari berikutnya selalu ada saja artikel yang harus saya tulis," ujar Didik dalam keterangan tertulis, Rabu (3/1).

Setelah itu, dia pun membaca kembali tulisannya. Menurut Didik, muatan tulisan itu cukup mendalam dan kritis. 

Di sisi lain Didik menyebut dirinya dan Rizal memiliki komunikasi bersifat akademik, intelektual sampai yang bersifat pribadi.

Seba itu, dia memahami betul gejolak di dalam dirinya untuk terus mengobarkan tidak hanya hal akademik dan riset, tetapi juga gerakan yang terus menonjol dalam aktivitasnya sehari-hari.

"Pengalaman pribadi lain sejak pertengahan 1990-an, Rizal Ramli mendirikan lembaga Think Tank ECONIT yang terkenal, saya dan rekan-rekan mendirikan lembaga think Tank lain yaitu INDEF," ucapnya. 

Adapun dua lembaga tersebut didirikan bersamaan pada masa Orde Baru. Di mana pada masa itu, monopoli kebenaran hanya ada di kelompok ekonom pemerintah.

"Kini RR (Rizal Ramli) sudah meninggalkan kita. Siapa tidak kenal Rizal Ramli tokoh yang masa mudanya tumbuh dalam gerakan dan ranah intelektual," tegasnya.

Baca Juga: Kenang Rizal Ramli, Jusuf Kalla: Saya Sering Beda Pendapat Dengannya, tapi Kami Tetap Bersahabat



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x