Kompas TV nasional peristiwa

Kenang Rizal Ramli, Jusuf Kalla: Saya Sering Beda Pendapat Dengannya, tapi Kami Tetap Bersahabat

Kompas.tv - 3 Januari 2024, 12:54 WIB
kenang-rizal-ramli-jusuf-kalla-saya-sering-beda-pendapat-dengannya-tapi-kami-tetap-bersahabat
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) di kediamannya, Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (7/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli yang meninggal dunia pada Selasa (2/1/2024).

Bagi JK, Rizal adalah sahabat yang sering berbeda pendapat dan bertentangan dengannya saat mereka sama-sama berada dalam pemerintahan.

“Selama pemerintahan juga saya sering berbeda pendapat tajam, kadang juga bertentangan, tapi kami tetap bersahabat,” ucap Kalla usai bertakziah ke rumah duka Rizal Ramli di Jakarta, Rabu (3/1/2024), dikutip dari Antara.

Baca Juga: Respons Mahfud MD soal Anggota Satpol PP Garut Dukung Gibran: Norak, Langgar Etik dan Aturan Pemilu

JK menuturkan, Rizal adalah sosok aktivis yang konsekuen terhadap semua pemikirannya. Selain itu, kata dia, Rizal merupakan teman berdiskusi dan bertukar pikiran kala mereka bekerja di Perum Bulog.

“Kenangan (dengan) beliau saat mengganti saya sebagai kepala Bulog waktu itu. Jadi, kami (saya) selalu berdiskusi tentang pangan dengan beliau waktu itu,” ujar JK.

Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa, 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Rencananya, jenazah Rizal Ramli akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, pada Kamis (4/1/2024).

“Dimakamkan di TPU Jeruk Purut, yang mana istri beliau juga dimakamkan di Jeruk Purut,” kata Yosef Sampurna Nggarang, perwakilan keluarga Rizal Ramli, Rabu (3/1/2024) dini hari, di rumah duka di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Jenazah Rizal Ramli akan Dimakamkan di TPU Jeruk Purut Besok

Jenazah Rizal Ramli tiba di rumah duka pada Rabu sekitar pukul 00.52 WIB. Ia dibawa menggunakan mobil ambulans dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Yosef mengatakan pihaknya masih menunggu anak Rizal Ramli yang tengah berada di Amerika Serikat.

“Anaknya baru dari Indonesia tanggal 28 kemarin. Dan lagi proses ke sini. Kemungkinan secepatnya datang ke sini,” ujar Yosef, seperti dikutip dari Warta Kota.

Sementara berdasarkan laporan jurnalis Kompas TV, Dian Silitonga, pemakaman Rizal Ramli akan dilakukan pada Kamis (4/1/2024) siang karena masih menunggu putri bungsunya yang sedang dalam perjalanan kembali menuju Indonesia.


 



Sumber : KOMPAS TV, Antara, Warta Kota


BERITA LAINNYA



Close Ads x