Kompas TV nasional peristiwa

Menhub: Puncak Arus Balik Natal dan Tahun Baru 2024 1-2 Januari

Kompas.tv - 26 Desember 2023, 08:30 WIB
menhub-puncak-arus-balik-natal-dan-tahun-baru-2024-1-2-januari
Foto ilustrasi. Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2023). Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut puncak arus balik Natal dan Tahun Baru (Nataru) akan terjadi pada 1-2 Januari 2024. (Sumber: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/aww)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus balik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 akan terjadi pada tanggal 1-2 Januari.

Hal tersebut diungkapkan Menhub Budi usai meninjau Posko Pusat Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Senin (25/12) kemarin.

"Kalau sebelum tahun baru mungkin (arus mudik) tidak terlalu banyak karena memang banyak yang sudah mudik. Tapi nanti di tanggal 1 dan 2 (Januari 2024) terjadi puncak," kata Budi Karya Sumadi.

Guna mengantisipasi melonjaknya volume perjalanan baik darat, laut, udara dan perkeretaapian, Menhub Budi meminta pelayanan penjualan tiket dibuka lebih awal.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengungkapkan bahwa arus mudik pada 23-24 Desember 2023 lalu berjalan dengan lancar.

Selain itu, pergerakan pemudik pada Senin kemarin juga terpantau sudah menurun seperti di Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ketapang, Tol Cipali dan Bandara Soekarno-Hatta.

"Setelah kita melakukan pengamatan terhadap tempat-tempat kita identifikasi dengan kemacetan yang tinggi dan punya problem yaitu di Merak, Ketapang, Cipali, Soetta (Soekarno-Hatta) ternyata semua berjalan dengan baik," ujarnya, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Arus Balik Natal 2023, Polisi Terapkan Rekayasa Lalu Lintas, Ini Daftar Lengkapnya

Meski begitu, Menhub Budi menyoroti kepadatan yang terjadi Tol Cikupa. Dia pun meminta pihak kepolisian dan operator jalan tol untuk melakukan koordinasi demi mengatasi kepadatan di titik tersebut.

"Saya harapkan operator Astra untuk berkoordinasi dengan Polri untuk mendapatkan suatu upaya improvement apakah cukup seperti itu atau apakah ada contraflow," ucap Budi.

Angka Kecelakaan Tahun Ini Menurun

Selanjutnya, Menhub Budi juga menuturkan bahwa angka kecelakaan pada periode Nataru 2024 18-25 Desember 2023, turun 39 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kecelakaan apple to apple selama Natal dan tahun baru tahun ini dibanding tahun lalu turun 39 persen," ungkapnya.



Sumber : Antara, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x