Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies Ziarah ke Makam Ulama Rembang: Kami Berharap Bisa Teruskan Perjuangan Mereka

Kompas.tv - 25 Desember 2023, 13:17 WIB
anies-ziarah-ke-makam-ulama-rembang-kami-berharap-bisa-teruskan-perjuangan-mereka
Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, berziarah ke makam KH Bisri Mustofa di Rembang, Jawa Tengah, Senin (25/12/2023). (Sumber: Handout Timnas AMIN via ANTARA)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, berziarah ke makam KH Bisri Mustofa di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Senin (25/12/2023).

Menurut Anies, Bisri Mustofa adalah kiai karismatik sekaligus pendiri Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Rembang, yang menjadi teladan serta rujukan bagi banyak masyarakat.

“Kami berharap bisa meneruskan yang mereka perjuangkan, dan dengan kami berziarah ini harapannya juga mengingatkan bahwa apa yang mereka perjuangkan itu masih relevan dengan sekarang,” ucap Anies, Senin, dikutip dari Antara.

Baca Juga: ICW Desak Dewas KPK Jatuhkan Sanksi Berat kepada Firli usai Pengunduran Dirinya Ditolak Jokowi

Selain berziarah ke makam KH Bisri Mustofa, Anies dalam kunjungannya ke Rembang juga melakukan ziarah ke makam KH Cholil Harun dan KH Cholil Bisri.

Menurut Anies, berkat jasa para ulama Rembang tersebut, pendidikan pondok pesantren di wilayah itu dapat berkembang secara masif serta luas.

“Rembang ini adalah tempat di mana proses pendidikan pondok-pondok pesantren yang berkembang begitu luas atas jasa mereka,” katanya.

Berdasarkan daftar agenda yang dibagikan akun Instagram pribadi Anies, selain berziarah ke makam para ulama Rembang, mantan gubernur DKI Jakarta itu juga diagendakan akan bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Al Wahdah, Lasem, untuk bertemu dengan Gus Ahfas pada pukul 10.00 WIB.

Kemudian pada pukul 11.30 WIB, dia akan menyapa Relawan Anies-Muhaimin (AMIN) di Posko Relawan AMIN Lasem. 

Dalam agenda terakhir hari ini, Anies direncanakan menghadiri kegiatan holaqoh bersama para kiai di Pondok Pesantren Mus Sarang pada pukul 13.00 WIB.

Baca Juga: Mahfud MD Respons Penampilan Gibran di Debat: Kalau Cuma Istilah Sulit, Saya Bisa Cari Seribu Sehari

Sebagai informasi, masa kampanye Pemilu 2024 dimulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian pemungutan suara akan digelar pada 14 Februari 2024.

Pada Pilpres 2024, ada tiga pasangan capres-cawapres yang dapat dipilih masyarakat yaitu pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.


 



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x