Kompas TV nasional peristiwa

Mulai Hari Ini, Kendaraan Barang Menyeberang dari Pelabuhan Merak Dialihkan ke Ciwandan

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 13:55 WIB
mulai-hari-ini-kendaraan-barang-menyeberang-dari-pelabuhan-merak-dialihkan-ke-ciwandan
Ilustrasi pelabuhan Merak. Ini aturan perubahan penyeberangan dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Ciwandan untuk kendaraan barang. (Sumber: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kendaraan barang yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera dialihkan dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten mulai hari ini, Jumat (22/12/2023).

GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Suharto mengatakan perubahan jalur penyeberangan angkutan barang itu akan berlaku hingga 3 Januari 2024.

"Mulai jam 00.00 WIB (tadi malam), kita juga buka lintasan Ciwandan-Bakauheni itu khusus truk gol 8 dan 9. Berdasarkan surat dari Dirjen Hubdat itu (pengoprasian Pelabuhan Ciwandan) sampai tanggal 3 Januari," kata Suharto di Serang, Jumat.

Sebagai informasi, Pelabuhan Ciwandan dioperasikan sesuai Surat Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor AP.003/3/6/DJDP/2023 tentang pelaksanaan pengoperasian kapal angkutan penyebrangan lintas Ciwandan-Bakauheni.

Baca Juga: 350.000 Bangku Penumpang Disiapkan KAI Bandara di Masa Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Adapun pembelian tiket untuk Pelabuhan Ciwandan, kata Suharto, tetap menggunakan sistem online melalui aplikasi Ferizy.

Dalam hal ini, sopir truk barang yang sudah memiliki tiket dengan lintas Merak-Bakauheni pada hari ini akan dilayani di Pelabuhan Ciwandan.

"Jadi kami berpesan kepada masyarakat yang akan menyebrang agar membeli tiket jauh-jauh hari, minimal satu hari sebelum berangkat," ujar Suharto, dikutip dari Kompas.com.

Menurut Suharto, puncak libur Natal di Pelabuhan Merak akan terjadi Jumat dan Sabtu 22-23 Desember 2023.

Sebanyak 7 dermaga telah dipersiapkan untuk melayani penumpang dan mengoprasikan 32 kapal dengan kapasitas besar.

"Kami telah meningkatkan kapasitas di dermaga 2 yang kemarin hanya bisa untuk kapal di bawah 5 ribu, sekarag sudah di atas 10 ribu," kata dia.



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x