Kompas TV nasional rumah pemilu

Alasan JK Dukung Anies, Ada Hubungan Guru-Murid hingga Paham Tantangan Ekonomi

Kompas.tv - 20 Desember 2023, 17:26 WIB
alasan-jk-dukung-anies-ada-hubungan-guru-murid-hingga-paham-tantangan-ekonomi
Bacapres Anies Baswedan dan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK), di rumah JK di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (7/10/2023) pagi. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, di Pilpres 2024. 

Kalla menyebut dukungannya untuk Anies-Muhaimin karena ada hubungan guru dan murid. JK, sapaan Kalla, mengatakan Anies merupakan muridnya dalam politik. 

Ia mengaku dulu sering mengajak Anies makan siang setiap hari Jumat. Saat itu, Anies masih menjadi akademisi di Universitas Paramadina. 

Dalam pertemuan-pertemuan itu, JK mengatakan dia dan Anies membicarakan isu-isu politik. Dia juga mengaku membagikan pengalaman politiknya kepada Anies. 

Menurutnya, dalam pertemuan-pertemuan tersebut, ia memberikan dasar pengetahuan kepada Anies untuk menyelesaikan persoalan bangsa. 

Baca Juga: Ketua Harian DMI: Pilihan Pak JK Dukung AMIN Sikap Pribadi, Tidak Terkait Institusi

"Boleh dibilang saya mengajarkan politik Anies dulu di Universitas Paramadina, tiap Jumat kita makan siang sama-sama," ujar JK saat menghadiri acara silaturahmi yang digelar Presidium Gerakan Rakyat Sulawesi Selatan Timnas Pemenangan AMIN di Gedung Islamic Centre IMIM, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (19/12/2023) malam, dikutip dari Antara

JK menambahkan, menjadi kepala negara dan pemerintahan bukan tugas mudah karena dibutuhkan orang yang tangguh dan memahami banyak hal, terutama terkait ekonomi.

Menurut JK, ekonomi dunia menjadi tidak terkendali karena banyaknya konflik global, seperti perang dan persaingan dagang antarnegara. 

Ia menilai tantangan ekonomi dunia lima tahun ke depan akan semakin sulit, lantaran penyelesaian konflik di Gaza dan Ukraina belum terlihat. 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x