Kompas TV nasional hukum

Bulan Depan KPK Bakal Undang 3 Capres, Agendanya Bahas Pemberantasan Korupsi

Kompas.tv - 15 Desember 2023, 09:42 WIB
bulan-depan-kpk-bakal-undang-3-capres-agendanya-bahas-pemberantasan-korupsi
Foto arsip. Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam konferensi pers penahanan dua tersangka dugaan korupsi penyaluran bantuan sosial beras untuk keluarga penerima manfaat pada PKH Kemensos, Jumat (15/9/2023). Nurul menyebut KPK akan mengundang para capres dengan agenda pembahasan pemberantasan korupsi. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana mengundang tiga calon presiden (capres), Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo dalam forum khusus di KPK. 

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menjelaskan undangan KPK kepada tiga calon presiden di Pilpres 2024 untuk membahas isu pemberantasan korupsi.

KPK dan masyarakat ingin mengetahui komitmen dan program yang akan digagas ketiga Capres dalam pemberantasan korupsi. Terlebih ketiganya sama-sama mengusung anti korupsi dalam visi misinya. 

"Jadi KPK nanti untuk mengawal dan kemudian memastikan komitmen para capres pada agenda-agenda pemberantasan korupsi," ujar Ghufron di gedung KPK, Kamis (14/12/2023).

Ghufron menjelaskan undangan KPK ini bukan berupa debat, melainkan forum mengenai agenda-agenda pemberantasan korupsi yang akan dibuat para Capres. 

Baca Juga: Sidang Dugaan Pelanggaran Etik Firli Bahuri Ditunda, Begini Keterangan Dewas KPK

Rencananya forum tersebut akan digelar di pertengahan Januari 2024. 

"KPK akan mengadakan momen sendiri, bukan debat tapi kita akan bikin momen bagaimana visi misi dia dalam perspektif untuk memberantas korupsi, kita akan mengundang di sekitar awal atau pun pertengahan Januari," ujar Ghufron, dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Jadwal yang ditetapkan KPU masa kampanye bagi ketiga Capres mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. 

Ketiga pasangan Capres dan Cawapres ini akan mengikuti lima kali debat Pilpres 2024. Tiga kali debat untuk Capres dan dua debat untuk Cawapres. 

Debat pertama telah berlangsung pada 12 Desember 2023. Isu yang diangkat mengenai pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Baca Juga: Ganjar Terima Undangan KPK soal Adu Gagasan Capres Berantas Korupsi

Debat kedua dilaksanakan pada 22 Desember 2023. Isu yang diangkat menenai ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat ketiga pada 7 Januari 2024, isunya mengenai pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. 

Tema Debat keempat pada 21 Januari 2024 adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Tema debat kelima pada 4 Februari 2024 meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x