Kompas TV nasional hukum

Survei Litbang Kompas: Tingkat Kepuasan Kinerja Penegakan Hukum Pemerintahan Jokowi Merosot

Kompas.tv - 14 Desember 2023, 22:27 WIB
survei-litbang-kompas-tingkat-kepuasan-kinerja-penegakan-hukum-pemerintahan-jokowi-merosot
Foto arsip. Presiden Jokowi dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Survei Litbang Kompas pada Desember 2023 menunjukkan bahwa tingkat kepuasan kinerja penegakan hukum pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) merosot.

Survei menunjukkan tingkat kepuasan terhadap kinerja penegakan hukum turun di angka 58,3 persen. Angka itu turun lebih dari 3 persen dari hasil pengukuran sebelumnya.

Ketidakpuasan tersebut banyak diungkapkan oleh responden berpendidikan menengah dan tinggi.

Selain itu, kelompok kelas sosial menengah atas dan kelas atas juga menyarakan ketidakpuasan terhadap kinerja pemerintah dalam menegakkan hukum.

Tingkat kepuasan publik di bidang ini jadi yang terendah dibandingkan dengan bidang kerja lain yang disurvei oleh Litbang Kompas.

"Hasil survei ini makin menguatkan bahwa kinerja penegakan hukum menjadi persoalan tahunan yang tak kunjung selesai," jelas peneliti Litbang Kompas, Rangga Eka Sakti, dikutip dari Kompas.id, Kamis (14/12/2023).

Dalam lima tahun terakhir, bidang penegakan hukum pada masa kepemimpinan Presiden Jokowi belum pernah menyentuh angka kepuasan di atas 66 persen. 

Baca Juga: Kominfo Lanjutkan Proyek BTS 4G untuk Wilayah 3T yang Tertunda Kasus Korupsi Johnny G Plate

"Tergerusnya tingkat kepuasan publik di bidang penegakan hukum didorong penurunan penilaian per aspek yang merata," ujar Rangga.



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x