Kompas TV nasional peristiwa

Polri Mutasi dan Rotasi 535 Perwira: Ada 5 Kapolda, Kakorlantas, dan Kadensus

Kompas.tv - 8 Desember 2023, 10:09 WIB
polri-mutasi-dan-rotasi-535-perwira-ada-5-kapolda-kakorlantas-dan-kadensus
Asisten Kapolri Bidang SDM (As SDM) Irjen Pol. Dedi Prasetyo bicara soal mutasi dan rotasi 535 perwira Polri, Kamis (7/12/2023) (Sumber: Antara)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) melakukan mutasi dan rotasi terhadap 535 personel dari perwira menengah (pamen) maupun perwira tinggi (pati).

Hal ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri bernomor ST//2749/XII/Kep./2023 dan ST/2750/XII/KEP./2023 yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang SDM (As SDM) Irjen Pol. Dedi Prasetyo, Kamis (7/12/2023).

Dedi mengatakan mutasi dan rotasi dilakukan salah satunya karena ada personel yang sudah memasuki masa purnabakti atau pensiun.

Baca Juga: Panglima TNI Mutasi 49 Pati, Mayjen Saleh Mustafa Jabat Pangkostrad

“Lalu ada promosi, menambah pengalaman tugas tour of duty dan tour of area serta fokus persiapan pengamanan pemilu dan Operasi Lilin, pengamanan Nataru serta menjaga harkamtibmas," kata Dedi, Kamis malam.

Dari ratusan perwira yang dimutasi dan rotasi, terdapat lima kepala kepolisian daerah (kapolda), yakni Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel), Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Kapolda Papua Barat dan Kapolda Kepulauan Riau (Kepri).

Kapolda Sulsel yang sekarang dijabat oleh Irjen Pol Setyo Budi akan diisi oleh Irjen Pol Andi Rian Djajadi yang kini menjabat sebagai Kapolda Kalsel.

Adapun jabatan Kapolda Kalsel akan diisi oleh Irjen Pol Winarto yang saat ini menjabat sebagai Pati Baintelkam Polri (penugasan di BIN).

Irjen Pol Johanis Asadoma yang saat ini menjabat sebagai Kapolda NTT, akan digantikan Irjen Pol Daniel Tahi Monang yang sekarang menjabat Kapolda Papua.

Johanis dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Misinter Divhubinter Polri.

Baca Juga: Brigjen Aan Suhanan Ditunjuk Jadi Kakorlantas Polri Gantikan Irjen Firman Shantyabudi

Jabatan Kapolda Papua atau pengganti Daniel Tahi Monang adalah Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir yang saat ini menjabat sebagai Karojianstra Sops Polri.

Kemudian Irjen Pol. Tabana Bangun yang menjabat sebagai Kapolda Kepri, akan digantikan oleh Brigjen Pol. Yan Fitri Halimansyah yang saat ini menjabat Karo Sundokinfokum Divkum Polri.

Selain lima kapolda, jabatan lain yang juga mengalami pergantian pemimpin yaitu, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi yang memasuki masa pensiun, akan digantikan oleh Brigjen Aan Suhanan.

Aan sebelumnya menjabat sebagai Direktur Penegakan Hukum atau Dirgakkum Korlantas Polri.

Baca Juga: Polri Telah Siapkan Langkah untuk Antisipasi Lonjakan Pemudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Sementara Kadensus 88 Antiteror Polri Irjen Pol Marthinus Hukom akan digantikan Brigjen Pol Sentot Prasetyo. Marthinus ditunjuk untuk menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x