Kompas TV nasional hukum

Brigjen Aan Suhanan Ditunjuk Jadi Kakorlantas Polri Gantikan Irjen Firman Shantyabudi

Kompas.tv - 8 Desember 2023, 05:45 WIB
brigjen-aan-suhanan-ditunjuk-jadi-kakorlantas-polri-gantikan-irjen-firman-shantyabudi
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Brigjen Aan Suhanan (tengah) saat ditemui usai acara Retrospeksi Korban Kecelakaan Lalu Lintas di Taman Lalu Lintas Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (5/12/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Listyo Sigit menunjuka Brigjen Aan Suhanan sebagai Kepala Korlantas Polri atau Kakorlantas Polri menggantikan Irjen Pol. Firman Shantyabudi yang memasuki masa pensiun.

Diketahui, Brigjen Aan Suhanan sebelumnya menjabat sebagai Direktur Penegakan Hukum atau Dirgankum Korlantas Polri.

Adapun penunjukkan Brigjen Aan Suhanan sebagai Kakorlantas Polri tersebut tertuang dalam surat telegram kapolri nomor: ST/2750/XII/KEP/2023 tanggal 7 Desember 2023 yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Pol. Dedi Prasetyo.

Baca Juga: 3 Polisi yang Hambat Penyelidikan Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Bakal Dikenai Sanksi Disiplin

Brigjen Aan dimutasi bersama 513 perwira Polri mulai dari perwira menengah sampai perwira tinggi yang tertera dari surat telegram kapolri tersebut.

As SDM Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo membenarkan terkait surat telegram mutasi dan rotasi sejumlah perwira Polri tersebut. Namun tidak merincikan terkait siapa saja perwira yang dimutasi.

“Iya (ada mutasi) nanti Kabagpenum yang sampaikan ke rekan-rekan media,” kata Irjen Dedi, Kamis (7/12/2023).

Selain Brigjen Aan, terdapat perwira tinggi dan perwira menegah Polri lainnya yang dimutasi, seperti Brigjen Adi Vivid Agustiadi Bachtiar yang dimutasi dari jabatan Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menjadi Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Kemudian, Irjen Pol. Andi Rian yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Selatan dimutasi sebagai Kapolda Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Kapolri Mutasi Jabatan Pati dan Pamen, Enam Kapolda dan Dankor Brimob Diganti

Termasuk di dalamnya Kombes Pol. Nurul Azizah yang menjabat sebagai Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri dimutasi sebagai Dirprog Sarjana STIK Lemdiklat Polri.

Adapun pejabat baru Kabagpenum Polri dipegang oleh Kombes Pol. Erdi Ardimurlan Chaniago yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagpenmanalis Romulmed DivHumas Polri.

Selanjutnya, ada nama Kombes Pol. Hengky Haryadi yang dimutasi dari Ditreskrimum Polda Metro Jaya menjadi penyidik tindak pidana utama di Bareskrim Polri.

Juga, ada nama juru bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol. Aswin Siregar yang sebelumnya menjabat sebagai pejabat sementara Kabagrenmin Densus 88 Antiteror, kini resmi menduduki jabatan tersebut.

Kombes Aswin mengaku meski resmi menjabat sebagai Kabagrenmin Densus 88 Antiteror Polri, dirinya tetap bisa dimintai konfirmasi terkait perkembangan berita penegakan hukum tindak pidana terorisme.

Baca Juga: Kata Kapolri Listyo Sigit soal Firli Bahuri Belum Ditahan: Yang Penting Kasusnya Dituntaskan

“Konfirmasi ke saya juga enggak apa-apa,” ujar Kombes Aswin.


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.