Kompas TV nasional humaniora

Polri Telah Siapkan Langkah untuk Antisipasi Lonjakan Pemudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Kompas.tv - 8 Desember 2023, 04:30 WIB
polri-telah-siapkan-langkah-untuk-antisipasi-lonjakan-pemudik-natal-2023-dan-tahun-baru-2024
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyant, Menteri PUPR, Menteri Perhubungan, Menteri Agama, Wamenpanrekraf dan kementerian terkait memberikan keterangan usai rakor lintas sektoral Operasi Lilin 2023 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru di Jakarta, Kamis (7/12/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyebut pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah antisipatif untuk menghadapi potensi lonjakan pergerakan masyarakat selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Pada tahun ini diprediksi, lonjakan pemudik akan meningkat sebanyak 39,83 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Katanya, Polri akan hal serupa dengan yang dilakukan saat mengamankan arus mudik dan arus balik Idul Fitri 2023.

Kapolri menjelaskan dalam pengelolaan dan rekayasa jalur transportasi darat disiapkan sejumlah mekanisme, seperti menggunakan jalur normal, contral flow (lawan arus) atau pola sistem satu arah (one way).

"Kami pernah punya pengalaman khususnya terkait dengan jalur mudik maupun jalur balik dalam mengelola saat Idulfitri sehingga tentunya pengalaman ini akan kami terapkan pada libur Natal dan tahun baru," katanya.

"Termasuk juga pengaturan delaying system (di pelabuhan) sehingga tidak terjadi penumpukan yang terlalu berlebihan. Jika masyarakat terpaksa menunggu karena ada delaying system akan disiapkan rest area yang kemungkinan membuat masyarakat bisa nyaman sambil menunggu," kata Jenderal Listyo Sigit, dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Baca Juga: Info Mudik Gratis Nataru 2023/2024 dari Kemenhub Dibuka Hari Ini, Simak Cara Daftar dan Kota Tujuan

Sebelumnya diberitakan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan hasil survei yang dilakukan instansinya bersama lembaga terakreditasi memprediksi terjadi lonjakan pergerakan masyarakat pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Hasil survei memprediksi pergerakan masyarakat pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2024 mencapai 107,63 juta atau 43 persen dari total populasi nasional.

Beberapa daerah yang menjadi destinasi wisata pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2024, yakni Yogyakarta, Bali, juga Batam serta Indonesia bagian timur.

"Nah kalo darat, kami memang cukup mempunyai suatu pengalaman untuk manajemen arus lalu lintas dan contraflow dan sebagainya tetapi. Tahun ini mungkin yang akan harus menjadi perhatian khusus adalah dari Ketapang ke Gilimanuk di situ akan terjadi satu lonjakan yang besar," ujar Budi.

"Kami akan menugaskan kepada stakeholders untuk melakukan penambahan-penambahan ya di Indonesia bagian timur, juga Batam ke arah Medan," ujarnya.

Kesiapan lainnya, yakni untuk penerbangan agar dilakukan pengecekan berkala sehingga meminimalisasi kendala saat arus pergerakan masyarakat meningkat.

"Hal lain yang akan kami perhatikan juga berkaitan dengan aviation ya, saya minta pesawat-pesawat ini melakukan rem check sehingga tidak ada lagi masalah-masalah pada saat liburan itu,” kata Budi.

Baca Juga: Daftar Ruas Jalan Tol Gratis Periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Masa Nataru Ada di Mana Saja?


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.