Kompas TV nasional peristiwa

Panglima TNI Mutasi 49 Pati, Mayjen Saleh Mustafa Jabat Pangkostrad

Kompas.tv - 29 November 2023, 22:06 WIB
panglima-tni-mutasi-49-pati-mayjen-saleh-mustafa-jabat-pangkostrad
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyebut pihaknya akan mengedepankan operasi intelijen dan teritorial dalam menangani konflik di Papua. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Agus Subiyanto melakukan mutasi dan rotasi terhadap 49 perwira tinggi (Pati) untuk beberapa jabatan strategis.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1384/XI/2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan yang ditandatangani Agus Subiyanto tertanggal 29 November 2023.

49 Pati TNI yang dimutasi, baik di Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), maupun Angkatan Udara (AU).

"Telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 49 Pati TNI terdiri dari 40 Pati TNI AD, 4 Pati TNI AL dan 5 Pati TNI AU," ujar Kapuspen TNI, Laksda TNI Julius Widjojono dalam keterangan tertulis, Rabu (29/11/2023).

Dari TNI AD, di antaranya, Mayjen Muhammad Saleh Mustafa ditunjuk menjadi Panglima Kostrad (Pangkostrad) menggantikan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang telah dilantik sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).

Adapun Saleh sebelumnya menjabat sebagai  Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad).

Kemudian untuk jabatan yang ditinggalkan Saleh, diemban Mayjen TNI Farid Makruf yang sebelumnya bertugas sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) V/Brawijaya. 

Sementara posisi Pangdam V/Brawijaya ditempati Mayjen TNI Rafael Granada Baay yang sebelumnya bertugas sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Baca Juga: SAH! Maruli Simanjuntak Jabat Kepala Staf Angkatan Darat, Naik Pangkat jadi Jenderal TNI

Jabatan Danpaspampres selanjutnya ditempati Brigjen TNI Achiruddin, yang mendapatkan promosi dari penugasan sebelumnya sebagai Wakil Komandan Jenderal Kopassus.

Brigjen TNI Yudha Airlangga yang sebelumnya menjabat Komandan Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus Kopassus kini ditunjuk sebagai Wakil Komandan Jenderal Kopassus.

Panglima juga menunjuk Laksda Denih Hendrata sebagai Pangkoarmada II menggantikan Laksda Yayan Sofian.

Denih sebelumnya adalah Asops KSAL, sementara Yayan dimutasi mengisi jabatan yang ditinggalkan Denih.

Sementara itu, Marsma Yudi Bustami ditunjuk menjadi Dankopasgat menggantikan Marsda Wahyu Hidayat Sujatmiko.

Yudi sebelumnya adalah Kaskogartap II/Bdg. Sementara Wahyu dimutasi menjadi Staf Khusus KSAU.

Adapun ini merupakan kali pertama mutasi dan rotasi pada masa kepemimpinan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto. 

Baca Juga: Strategi Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Gunakan 'Smart Power' Atasi Masalah di Papua



Sumber : Kompas TV.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.