Kompas TV nasional hukum

Kriminolog UI Nilai Pembunuhan 4 Anak di Jagakarsa Bisa Dicegah jika Polisi Respons Cepat KDRT Suami

Kompas.tv - 8 Desember 2023, 06:15 WIB
kriminolog-ui-nilai-pembunuhan-4-anak-di-jagakarsa-bisa-dicegah-jika-polisi-respons-cepat-kdrt-suami
Kriminolog UI Adrianus Meliala. Ia angkat berbicara terkait kasus pembunuhan empat anak di Jagakarsa, Jakarta Selatan yang diduga dilakukan ayahnya. (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Satreskrim Mapolres Jakarta Selatan masih mendalami kasus kematian empat anak berinisial VA (6), S (4), Ar (3), dan As (1).

Keempat anak yang menjadi korban dugaan pembunuhan ditemukan tewas di dalam rumah kontrakan di wilayah Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (6/12/2023).

Ayah korban berinisal P yang juga mengalami luka, belum bisa dimintai keterangan lantaran masih menjalani perawatan di rumah sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. 

Belakangan muncul informasi ayah korban sempat ingin diperiksa di Polsek Jagakarsa pada Sabtu lalu, terkait dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilaporkan kakak perempuan sang istri.

Hasil autopsi di RS Polri tim dokter forensik tidak menemukan luka tusuk di empat jenazah korban. Namun didapatkan kecurigaan adanya lebam di daerah mulut dan hidung. 

Baca Juga: Polisi akan Periksa Ayah 4 Bocah di Jagakarsa atas Dugaan Pembunuhan

Guru Besar Kriminolog UI Adrianus Meliala menjelaskan jika melihat dari keterangan kepolisian mengenai hasil autopsi, fakta-fakta yang ditemukan sementara dan korban sangat sulit mengarahkan kasus tersebut adalah tindakan bunuh diri, tapi kasus pembunuhan. 

Kemudian jika melihat dari lingkungan sosial dari para korban, terduga pelaku dalam kasus dugaan pembunuhan ini masih punya hubungan dengan korban, secara langsung ataupun tidak. 

Menurutnya ada dua faktor yang membuat terduga pelaku yang masih punya keterikatan dengan korban melakukan kekejaman. 

Pertama adalah terduga pelaku memiliki sifat tempramen tinggi yang membuat kemarahan terpendam bisa muncul begitu saja. Kedua yakni punya kepribadian ganda. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.