Kompas TV nasional hukum

Ketika Pimpinan KPK Mengaku Kaget Kasus Korupsi Syahrul Yasin Limpo 3 Tahun Dibiarkan Mangkrak

Kompas.tv - 28 November 2023, 15:54 WIB
ketika-pimpinan-kpk-mengaku-kaget-kasus-korupsi-syahrul-yasin-limpo-3-tahun-dibiarkan-mangkrak
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat konferensi pers, Kamis (23/11/2023). (Sumber: Tangkapan layar siaran YouTube KPK RI)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK Alexander Marwata mengaku kaget kasus dugaan korupsi yang menjerat mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ternyata tiga tahun dibiarkan mangkrak di KPK.

Alexander mengungkapkan, kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) sebetulnya sudah dilaporkan ke KPK sejak 2020.

Namun, kata dia, laporan tersebut nyatanya tidak ditindaklanjuti oleh penyidik KPK dan dibiarkan mangkrak selama tiga tahun lamanya. 

Baca Juga: Cerita Firli Bahuri Kaget Mobilnya Hilang usai Diperiksa Kasus Peras SYL di Bareskrim Polri

Ia menjelaskan, laporan dugaan korupsi di Kementan itu masuk ke bagian Pengaduan Masyarakat atau Dumas pada 2020. Kemudian, kata dia, oleh pimpinan sudah diterbitkan surat disposisi agar laporan itu diselidiki.

“Tapi ternyata juga itu tidak ditindaklanjuti, baru kemarin-kemarin kita perintahkan untuk diperintahkan (terbit) sprinlidik (Surat Perintah Penyelidikan),” kata Alex dalam konferensi persnya di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (28/11/2023).

Dengan demikian, Alex menyebut bahwa terdapat surat disposisi dari pimpinan KPK terkait perkara di Kementan yang tidak ditindaklanjuti oleh penyidik selama tiga tahun.

Alex pun mengaku kaget setelah mengetahui hal itu saat menjalani pemeriksaan pelanggaran etik di Dewan Pengawas atau Dewas KPK dengan terlapor Firli Bahuri yang diduga menemui dan memeras mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Saat itu, ia menuturkan bahwa pihaknya betul-betul baru menyadari perkara dugaan korupsi yang menjerat Syahrul Yasin Limpo sudah dilaporkan sejak 2020, namun penyidikannya baru dimulai pada 26 September 2023.

Baca Juga: LPSK Tolak Permohonan Perlindungan Syahrul Yasin Limpo karena Jadi Tersangka dan Ditahan KPK



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x