Kompas TV nasional hukum

Cerita Firli Bahuri Kaget Mobilnya Hilang usai Diperiksa Kasus Peras SYL di Bareskrim Polri

Kompas.tv - 20 November 2023, 12:35 WIB
cerita-firli-bahuri-kaget-mobilnya-hilang-usai-diperiksa-kasus-peras-syl-di-bareskrim-polri
Ketua KPK Firli Bahuri dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (20/11). (Sumber: Tangkap Layar Kanal YouTube KPK RI.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengaku mobilnya hilang atau tak ada di tempat parkir usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri pada Kamis (16/11/2023) pekan lalu.

Seperti diketahui, pada saat itu Firli diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo atau SYL.

"Saya hadir dan menuntaskannya (pemeriksaan kasus SYL). Saya sungguh dikagetkan mengapa kendaraan pribadi saya, saya tidak tahu keberadaannya, dan saya melihat tidak saya temukan kendaraan tersebut," kata Firli dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (20/11).

"Sehingga seseorang menyampaikan pada saya untuk meminjamkan mobil pribadinya kepada saya dan mengantar saya keluar dari tempat," ucapnya.

Ia pun mengaku saat itu dirinya dalam keadaan terburu-buru untuk kembali ke gedung KPK, karena terdapat agenda penting yakni terkait operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Kepala Kejaksaan Negeri Bondowoso Puji Triasmoro dan Kasi Pidsus Kejari Bondowoso Alexander Silaen.

"Sesungguhnya saya ditunggu dalam kegiatan penting untuk menyelesaikan persoalan di KPK karena rekan-rekan paham bahwa pada hari itu KPK melakukan tangkap tangan terhadap oknum dari pihak Kejaksaan RI," ujarnya.

"Jamwas dan Direktur Penyidikan telah hadir di KPK sampai sore hari. Saya kembali ke kantor untuk menemui rekan-rekan sejawat saya sesama aparat penegak hukum dari Kejaksaan RI," kata Firli.

Baca Juga: Firli Bahuri: Beratnya Posisi Saya saat ini, Melawan Serangan Balik Koruptor

Sementara terkait dirinya yang nampak bersembunyi dari awak media usai pemeriksaan di Bareskrim, Firli menyebut dirinya saat itu tengah membutuhkan waktu jeda, terutama di situasi yang disebutnya sedang berada dalam situasi 'abnormal'.

Sehingga, pensiunan jenderal bintang tiga Polri itu pun tidak dapat memberikan keterangan pers kepada wartawan usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri.

"Saya sadar rekan-rekan menunggu, dengan kesadaran bahwa saya adalah pejabat publik, tetapi juga saya sebagai manusia terkadang saya butuh waktu untuk jeda, terutama di situasi yang begitu saya anggap situasi abnormal yang tidak bisa saya jelaskan saat ini," ucapnya.

"Apalagi satu hari sebelumnya, saya tidak tidur karena menangani dugaan tindak pidana korupsi terkait dengan pejabat bupati Sorong," kata Firli.

Diberitakan sebelumnya, Firli Bahuri nampak menghindari cegatan wartawan usai menjalani pemeriksaan di ruang Direktorat Tindak Pidana Korupsi Badan Reserse Kriminal Polri, Jakarta, Kamis (16/11/2023) siang.

Komjen Purnawirawan Polri itu terpantau keluar dari ruang pemeriksaan lantai VI Dittipidkor Bareskrim Polri melalui lobi Gedung Rupatama, yang merupakan akses VIP bagi pejabat utama Mabes Polri, termasuk agenda-agenda Kapolri.

Firli yang mengenakan baju batik lengan panjang terlihat dikawal sejumlah ajudannya keluar dari pintu belakang Gedung Rupatama sekitar pukul 14.00 WIB. Dia langsung menuju kendaraan minibus SUV warna hitam dengan nomor polisi B 1917 TJQ.

Pimpinan KPK itu tampak menghindari sejumlah wartawan yang sudah menunggunya di Gedung Bareskrim Polri.


Bahkan, saat wartawan mengejar mobil yang membawanya, Firli mencoba menghindar dengan merebahkan tubuhnya ke kursi dan menutup wajahnya dengan kedua tangan yang memegang masker dan tas warna hitam.

Baca Juga: Bolak-balik Mangkir, Firli Bahuri Akhirnya Penuhi Panggilan Dewas KPK




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x